Pelatih Timnas Portugal: Fernando Santos Out, Jose Mourinho In?

"Konon, ada syarat unik yang diajukan The Special One.."

Analisis | 16 December 2022, 11:14
Pelatih Timnas Portugal: Fernando Santos Out, Jose Mourinho In?

Libero.id - Asosiasi Sepakbola Portugal (FPF) memutuskan menghentikan kerjasama dengan Fernando Santos. Kini, sejumlah nama pelatih terkenal Portugal di luar negeri jadi kandidat. Apakah itu termasuk Jose Mourinho?

FPF baru saja mendepak Fernando Santos dari jabatan pelatih Portugal. Selama delapan tahun menjabat, dia sebenarnya berhasil mengantar Cristiano Ronaldo dkk memenangi Euro 2016 dan UEFA Nations League 2018/2019. Portugal juga tampil cukup bagus di banyak pertandingan.

Namun, dalam dua turnamen terakhir, prestasi Portugal menurun drastis. Dengan banyak pesepakbola top, mereka justru terpuruk di babak 16 besar Euro 2020 seusai ditekuk Belgia 0-1. Puncaknya, disingkirkan Maroko di perempat final Piala Dunia 2022.

Kondisi itu membuat Fernando Santos rawan digusur. Dan, benar saja, hanya beberapa hari setelah meninggalkan Qatar, FPF memutuskan menghentikan Fernando Santos.

Kini, beberapa nama masuk daftar kandidat pelatih Portugal untuk Kualifikasi Euro 2024. Jose Mourinho dan Paulo Fonseca jadi calon terkuat yang ramai diperbincangkan media-media dan para pendukung Portugal.

Masalahnya, Jose Mourinho dan Paulo Fonseca sama-sama memiliki kontrak dengan klub lain. Jose Mourinho dengan AS Roma, dan Paulo Fonseca bersama Lille. Kontrak Jose Mourinho dengan AS Roma masih panjang, yaitu hingga 30 Juni 2024. Begitu pula Paulo Fonseca.

Hanya saja, menurut Corriere dello Sport, FPF lebih menginginkan Jose Mourinho. Pelatih berusia 59 tahun itu disebut sedang mempertimbangkan tawaran FPF. Bahkan, The Special One mengajukan syarat yang unik, yaitu melatih AS Roma dan Portugal sekaligus.

Kabarnya, Jose Mourinho tidak ingin dilanda kebosanan dengan melatih timnas. Itu karena pertandingan internasional hanya ada satu atau dua bulan sekali. Selain itu, dirinya juga belum ingin lepas dari AS Roma sepenuhnya. Setelah menjuarai Liga Konferensi Eropa musim lalu, dia masih punya misi lain di Italia.

Para jurnalis Portugal dan Italia kemudian berusaha meminta konfirmasi soal kabar ini dengan mencegat Jose Mourinho, yang baru saja mendarat di Gago Coutinho Airport, Faro. Dia berada di Portugal bersama skuad Serigala Ibukota Italia untuk menjalani pemusatan latihan di Algarve.

Rencananya, AS Roma akan berlatih dan menjalani serangkaian uji coba musim dingin dengan beberapa tim lokal Portugal. 

Lalu, apa reaksi Jose Mourinho saat dicegat wartawan. Dalam tayangan video yang viral, The Special One tampak santai dan hanya tersenyum tipis. Dia sempat mengambil sarung mikrofon jurnalis yang jatuh sebelum masuk ke dalam bus yang mengangkut rombongan AS Roma.

Jadi, layak dinantikan perkembangan Jose Mourinho berikutnya.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Analisis

Artikel Pilihan


Daun Media Network