Gokil! Kisah Pemain yang Juara Piala Dunia Tanpa Bertanding

"Yang penting angkat piala"

Feature | 19 December 2022, 20:53
Gokil! Kisah Pemain yang Juara Piala Dunia Tanpa Bertanding

Libero.id - Juara Piala Dunia tentu adalah impian setiap pesepakbola profesional. Lionel Messi yang sepanjang kariernya yang penuh dengan catatan emas baru saja mengangkat trofi tersebut. Membawa Timnas Argentina menjuarai Piala Dunia 2022 usai menekuk Timnas Prancis di partai puncak.

Dalam ajang akbar empat tahunan tersebut Messi bermain penuh untuk Timnas Argentina. Tapi bagaimana dengan pemain yang memenangkan Piala Dunia tanpa bermain semenit pun?

Rupa-rupanya ada banyak pesepakpola yang jadi bagian dari Timnas namun tak dimainkan, akan tetapi tetap berhak untuk mendapat kalungan medali.

Sejauh ini, menurut catatan Opta ada sekitar 101 pemain telah memenangkan Piala Dunia selama bertahun-tahun tanpa menit bermain.

Masuk akal bahwa 33 dari 101 pemain zero minutes ini adalah penjaga gawang, tetapi ada juga 32 bek, 18 gelandang, dan juga 18 striker.

Nama yang populer ada Ronaldo Luis Nazario de Lima. Apa pasal? Ketika Timnas Brasil menjuarai Piala Dunia 1994
eks pemain Real Madrid itu baru berusia 17 tahun dan belum mendapat kepercayaan untuk tampil.  Namun pada edisi 2002 saat tim samba kembali menjuarai Piala Dunia, Ronaldo dengan gaya rambut khasnya berhasil menjadi bintang utama.

Nama lainnya ada kiper Timnas Spanyol yakni Pepe Reina dan Victor Valdes serta bek b yang memenangkan Piala Dunia bersama Spanyol di Afrika Selatan 2010. Mereka adalah para pemain yang tidak digunakan oleh Vicente del Bosque dalam perjalanan menuju juara.

Jika menjuarai Piala Dunia itu sulit, menjadi juara dua kali lebih rumit lagi. Bahkan lebih luar biasa melakukannya tanpa bermain di kedua kesempatan.

Nah, itulah yang bisa dicapai Alphonse Areola. Kiper West Ham adalah bagian dari skuad Prancis yang memenangkan Piala Dunia keduanya di Rusia 2018, menonton setiap pertandingan dari bangku cadangan. Dan jika Les Bleus menang lagi dia akan menjadi juara Prancis dua kali pertama tanpa bermain di Piala Dunia. Tapi itu tidak terjadi.

Meski terlihat aneh, kasus Areola bukanlah yang pertama. Kiper Guido Masetti , yang menghabiskan sebagian besar kariernya bersama AS Roma, adalah anggota tim Italia yang menang tahun 1934 dan 1938.

Butuh 24 tahun untuk menemukan lebih banyak pemain untuk mengulang prestasi setelah Masetti, dan penjaga gawang lainnya, legenda Fluminense Carlos Jose Castilho , meraih kejayaan bersama Brasil pada tahun 1958 dan 1962 tanpa melakukan debutnya di salah satu kejuaraan.

Ada juga  pemain bernama Canarinha yang juga namanya masuk dalam skuad Brasil di dua Piala Dunia itu yang tidak memainkan satu pertandingan pun.

Sementara itu pelatih Argentina Lionel Scaloni menurunkan 24 dari 26 pemain mereka yang dipanggil untuk Piala Dunia 2022. Hanya Geronimo Rulli dan Franco Armani yang sama sekali tidak memainkan pertandingan di Piala Dunia 2022.

(mochamad rahmatul haq/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network