Jelaskan Cara Memukul Bola dalam Permainan Bola Kasti

"Ikuti penjalasan berikut, dan selamat mencoba."

Analisis | 24 December 2022, 16:12
Jelaskan Cara Memukul Bola dalam Permainan Bola Kasti

Libero.id - Memukul bola atau kerap disebut dengan istilah hitting merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bola kasti. Saat hendak memukul bola, hal penting yang harus diperhatikan saat adalah gerak koordinasi antara tangan dan mata, sehingga pukulan benar-benar menyasar bola dengan baik.

Bola kasti merupakan salah jenis permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua tim atau regu secara berlawanan. 

Merujuk pada  buku modul pembelajaran Melatih Gerak dengan Bola (2020) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kasti juga termasuk dalam permainan tradisional yang mengutamakan kerja sama, kekompakan, dan ketangkasan antarpemain di dalam satu tim.

Dalam sebuah permainan kasti, kedua tim dibagi menjadi tim pemukul dan penjaga dan bergantian mengambil peran keduanya. Dan, setidaknya terdapat lima teknik dasar dalam permainan kasti yang harus dikuasai, yaitu teknik melempar bola, teknik menangkap bola, teknik melambungkan bola, teknik memukul bola, dan juga teknik berlari.

Lalu, bagaimana cara memukul bola yang benar dalam permainan kasti. Teknik memukul bola yang benar dalam permainan kasti adalah memukul bola menggunakan tongkat pemukul.

1. Pegang tongkat pemukul yang akan digunakan. Cara memegang tongkat pemukul yang benar adalah pegang pada bagian yang lebih kecil dengan menggunakan satu tangan.

2. Berdiri dengan posisi badan menyamping sehingga pelambung bola berada di samping kiri pemukul.

3. Posisi kedua kaki dibuka selebar bahu.

4. Letakan alat pemukul di atas bahu sebelah kanan dengan posisi siku tangan yang memegang alat pemukul ditekuk.

5. Arahkan pandangan ke pelambung bola serta datangnya bola.

6. Ayunkan tongkat pemukul dengan posisi siku lurus, kemudian disertai dengan lecutan pada pergelangan tangan saat bola dalam jangkauan pukulan.

7. Lakukan gerak lanjutan, yaitu dengan melangkahkan kaki belakang ke depan.

Dalam permainan bola kasti, ada tiga jenis pukulan bola, yaitu pukulan mendatar, pukulan melambung, dan pukulan merendah.

1. Pukulan mendatar

Pukulan mendatar disebut juga dengan istilah pukulan lurus. Teknik pukulan mendatar bertujuan membuat bola melesat ke depan.

2. Pukulan melambung

Teknik pukulan melambung menjadi pilihan seorang pemukul (hitter) untuk mengarahkan bola hasil pukulannya melambung tinggi ke udara.

3. Pukulan merendah

Teknik pukulan merendah digunakan untuk dapat mengarahkan bola dengan cepat dan memantul ke tanah setelah dipukul.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network