Jelaskan Posisi Badan yang Benar Saat Melempar Bola Kasti

"Berikut ini adalah cara yang benar melempar bola."

Analisis | 24 December 2022, 16:20
Jelaskan Posisi Badan yang Benar Saat Melempar Bola Kasti

Libero.id - Olahraga bola kasti menjadi salah satu permainan bola kecil yang banyak digemari, terutama di kalangan anak-anak. Pasalnya, permainan telah diajarkan sejak bangku sekolah dasar. 

Permainan bola kasti dikenal sebagai permainan yang seru dan menyenangkan. Di sini, kedua tim yang bertanding saling berganti peran sebagai pemukul dan pelempar bola. Dalam permainan bola kasti, kedua teknik berupa memukul dan melempar bola memiliki aturan sendiri. Termasuk mengatur tentang posisi badan yang benar saat melempar bola. 

Melempar bola atau throwing ball merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan kasti. Melempar bola membutuhkan keterampilan dan penguasaan teknik yang mumpuni. Agar bisa memastikan lemparan tepat sasaran, seorang pelempar harus menentukan jarak tepat untuk melakukan throwing.

Ketika melempar bola ke arah pemukul, ayunan yang benar seorang pelambung bola kasti adalah dari bawah dengan satu tangan.

Lemparan dalam permainan bola kasti terdiri dari tiga teknik, yaitu lemparan bola mendatar, lemparan bola melambung, dan lemparan bola menyusur tanah.

Jenis lemparan ini dilakukan dengan cara bola dilemparkan kepada teman dengan digelindingkan menyusuri tanah tetapi dengan arah yang sesuai dan tepat sehingga bola mudah untuk diterima.

Pada waktu melempar bola menyusur tanah posisi badan yang benar adalah badan berdiri tegak dengan posisi menyamping. Sementara kaki kanan berada di belakang kaki kiri.

a). Arahkan pandangan mata fokus melihat ke depan.

b). Posisi badan yang benar saat melakukan gerakan melempar bola menyusur tanah dalam permainan kasti adalah badan berdiri tegak dengan posisi menyamping dan Kaki kanan berada di belakang kaki kiri.

c). Posisi kedua kaki dibuka selebar bahu.

d). Salah satu tangan yang membawa bola diarahkan ke depan dan bawah. Saat bola sudah terlempar, langkahkan kaki kanan maju ke depan.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network