Jelaskan Bentuk Fisik Lapangan Bola Voli

"Bola voli hanya bisa dimainkan di lapangan yang baik."

Analisis | 30 December 2022, 01:51
Jelaskan Bentuk Fisik Lapangan Bola Voli

Libero.id - Olahraga bola voli menjadi salah satu permainan bola besar yang cukup digemari di banyak tempat. Tidak hanya dikompetisikan, banyak kalangan di masyarakat menjadikan olahraga ini hiburan yang menyegarkan.

Sama seperti permainan lainnya, permainan bola voli tidak sembarang bisa dimainkan di mana saja. Sebab, membutuhkan lapangan khusus. Bahkan, memiliki ukuran dan bentuk fisik yang telah ditentukan.

Sema seperti cabang olahraga lainnya, Federasi Bola Voli Internasional (FIVB) juga menentukan ukuran lapangan bola voli sesuai standar internasional yang telah disepakati. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan anggotanya memiliki acuan dalam membuat lapangan.

Ukuran lapangan bola voli

Merujuk penjelasan FIVB Volleyball Rules, lapangan bola voli berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 18 meter dan lebar 9 meter. Sementara lebar garis serang 3 meter.

Dalam lapangan yang berbentuk persegi panjang itu terdapat garis yang dinamakan area clearance, yaitu daerah menghalau bola bagian belakang berukuran 3-8 meter dan bagian samping 3-5 meter.

1. Panjang lapangan bola voli: 18 m

2. Lebar lapangan bola voli: 9 m

3. Lebar garis lapangan: 5 cm

4. Panjang garis lapangan bola voli: 3 m

5. Daerah servis lapangan bola voli: 3 m

6. Luas lapangan bola voli: 162 meter² atau 18 m x 9 m

7. Ukuran lebar garis serang: 3 m

Permukaan lapangan bola voli

Permukaan lapangan bola voli harus datar dan rata. Selain itu, lantai lapangan juga tidak boleh licin atau kasar karena sangat berisiko untuk keselamatan pemain. Pada ajang internasional hanya diizinkan menggunakan permukaan kayu atau semacamnya dengan standar yang sudah disetuji FIVB. 

Pembagian area dan zona

Dalam permainan resmi, area lapangan dibagi dalam area dan zona. Untuk area ada dua, area penalti dan pemanasan. Sedangkan zona dibagi menjadi empat, yaitu; zona depan, zona servis, zona pergantian dan zona pergantian khusus libero. 

Garis lapangan

Sebagai bantuan untuk pembagian zona, area biasanya dibantu dengan penempatan garis di atas dan sekitar lapangan. Seperti garis pembatas sebagai penanda lapangan permainan dan Garis tengah sebagai pembagi lapangan permainan menjadi dua lapangan yang sama. Ditambah garis serang dengan ukuran tiga meter ditarik dari garis tengah.

Dapat diketahui bahwa ukuran lapangan bola voli dari skala nasional dan internasional adalah sama. Jadi tidak ada perbedaan pada ukuran lapangan. Namun yang membedakan adalah tinggi net lapangan antara putra dan putri.

Ukuran net voli putra dan putri

Ukuran net di lapangan voli adalah lebar 1 meter dan panjang 9 meter. Tinggi net bola voli berbeda antara putra dan putri. Tinggi net putra 2,43 meter. Sementara putri 2,24 meter. 

Jarak tiang net dengan garis samping lapangan voli adalah 0,5-1 meter. Sementara untuk pita tepian samping net, lapangan voli memiliki ukuran 5 cm sepanjang 1 meter. Untuk tepian atas net adalah 5 cm. Lalu, tiang net biasanya terbuat dari besi berbentuk tabung agar bisa menahan hempasan bola, yang tingginya 2,55 m. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network