7 Pemain yang Diyakini Korban ‘Kutukan Nomor Punggung 7’ Cristiano Ronaldo

"Namanya juga superstisi. Tapi setelah diperhatikan memang faktanya benar demikian."

Feature | 23 August 2020, 01:03
7 Pemain yang Diyakini Korban ‘Kutukan Nomor Punggung 7’ Cristiano Ronaldo

Libero.id - Cristiano Ronaldo telah menjadi salah satu ikon pesepakbola terbaik di muka bumi ini dengan raihan prestasi individu dan tim sehingga sesuatu hal apapun yang identik dengannya pasti menjadi sorotan, salah satunya soal nomor punggung.

Selama 18 tahun karir profesionalnya, Ronaldo sangat identik dengan nomor punggung 7 dimana ia hanya 2 tahun tanpa mengenakannya yaitu kala masih berseragam Sporting Lisbon (28) dan Real Madrid (9).

Sisanya Ronaldo selalu mengenakan jersey nomor punggung 7 dengan capaian prestasi yang luar biasa sehingga membuat siapapun yang mewarisi nomornya seakan menjadi korban.

Tercatat, setiap pemain yang mengenakan nomor 7 warisan Ronaldo gagal sejauh ini, baik itu di Manchester United maupun Real Madrid. Lantas siapa saja deretan pemain yang menjadi korban keganasan nomor 7 milik Ronaldo?

1. Michael Owen

Libero.id

Kredit: twitter.com/manutd

Didatangkan Manchester United dari Newcastle United dengan free transfer, kiprah Michael Owen di Old Trafford ternyata tidak sebanding dengan nama besarnya.

Owen pada masanya dikenal sebagai salah satu penyerang terbaik di tanah Britania, terbukti pemain yang kini berusia 40 tahun itu mampu menarik perhatian Real Madrid hingga akhirnya ia direkrut dari Liverpool pada tahun 2004 dengan biaya 12 juta euro.

Perekrutan Owen sebenarnya tidak terlalu mengejutkan, pasalnya pemain asal Inggris itu berhasil meraih Ballon d'Or pada tahun 2001 dan keluar sebagai top skorer Liga Inggris dua musim beruntun (1997/1998 dan 1998/1999) dengan masing-masing 18 gol.

Ternyata prestasi Owen bersama the Reds tak mampu ditularkan ke el Real, Owen hanya mampu tampil sebanyak 45 kali dengan rincian 16 gol dan 4 assist.

Situasi itu membuatnya kembali ke Inggris dengan bermain bersama Newcastle United sebelum pada akhirnya direkrut Manchester United pada 2009/2010.

Sempat kembali bersinar di Newcastle, namun ternyata kiprahnya bersama Setan Merah lagi-lagi tak semulus apa yang ia harapkan.

Bermain dengan nomor punggung 7, Owen yang langsung mewarisi kebesaran seorang Cristiano Ronaldo hanya mampu tampil sebanyak 52 kali dengan catatan 17 gol dan 3 assist.

2. Antonio Valencia

Setelah kegagalan Owen, Antonio Valencia menjadi harapan baru publik Old Trafford kala itu yang merindukan sosok Cristiano Ronaldo, apalagi posisinya sama dengan Ronaldo, pemain sayap.

Didatangkan dari Wigan Athletic di musim yang sama dengan Michael Owen dengan mahar 19  juta euro, awalnya pemain asal Ekuador itu mengenakan nomor punggung 25.

Baru ketika Owen angkat kaki dari Old Trafford, Si Alex Ferguson memberinya nomor punggung 7 di awal musim 2012/2013 setelah sebelumnya mampu menjadi pemain terbaik United.

Sialnya harapan dan kenyataan tak pernah terjadi, ia justru babak belur menggunakan jersey keramat tersebut karena kerap kali menderita cedera, salah satunya cedera punggung.

Beberapa musim berikutnya ia menanggalkan nomor punggung 7 nya dan kembali ke nomor 25 dengan alasan nomor tersebut lebih membawa keberuntungan.

"Saya mengawali karier saya bersama nomor itu dengan baik, di mana saya mencetak gol dan membuat assist," ujar Valencia kepada The Athletic.

3. Angel Di Maria

Libero.id

Kredit: twitter.com/manutd

Berstatus sebagai pemain termahal Manchester United kala itu, Angel Di Maria nyatanya tak mampu memenuhi ekspektasi publik Old Trafford, terlebih ia langsung mengenakan jersey nomor punggung 7 warisan Ronaldo.

Didatangkan dari Real Madrid dengan mahar 75 juta euro pada tahun 2014, Di Maria yang tampil gemilang di Spanyol tak bisa berbuat banyak di Inggris.

Awalnya pemain Argentina tersebut nampak menjanjikan sebelum akhirnya sejumlah cedera mengganggu performanya dan ia hanya bertahan di Old Trafford selama satu musim.

Selama di Manchester United, mantan pemain Benfica ini hanya mencatat 32 pertandingan di semua ajang dengan torehan 4 gol dan 12 assist.

4. Memphis Depay

Harapan untuk mampu meneruskan kiprah Ronaldo dengan nomor punggung 7 nya disematkan kepada sosok Memphis Depay yang kala itu berstatus sebagai pemain muda asal Belanda yang sebelumnya bermain di PSV Eindhoven.

Awalnya nampak begitu lancar, ia terlihat sangat gesit sebagai seorang pemain sayap layaknya Ronaldo, namun ternyata ia bukan sosok yang mampu tampil konsisten.

Terbukti pemain asal Belanda itu hanya mampu membubuhkan 7 gol dan 6 assist dalam 53 laga bersama pasukan Sir Alex.

5. Alexis Sanchez

Libero.id

Kredit: twitter.com/manutd

Pemain asal Chile ini diharapkan mampu menjadi tumpuan Setan Merah mulai pertengahan musim 2017/2018, namun ternyata harapan itu jauh dari kenyataan.

Alexis yang kala itu berstatus sebagai pemain Manchester United dengan gaji terbesar, gagal memenuhi ekspektasi klub dengan hanya mampu mencetak 5 gol dan 9 assist dalam 45 laga dia seluruh ajang.

Catatan ini membuat semakin panjang deretan pemain yang menjadi korban keganasan nomor punggung warisan Ronaldo.

6. Mariano Diaz

Kutukan nomor punggung 7 milik Ronaldo ternyata juga berlaku di Real Madrid, korban pertamanya adalah Mariano Diaz.

Setelah Ronaldo meninggalkan el Real menuju Juventus pada musim 2018/2019, Diaz langsung didapuk mewarisi nomor punggung 7 itu yang sebelumnya juga terkenal kemasyhurannya berkat nama besar Raul Gonzalez.

Diaz didatangkan Madrid dari Olympique Lyon di tahun yang sama dengan kepergian Ronaldo ke Turin, nyatanya pemain asal Spanyol itu tak mampu berbuat banyak.

Diaz hanya mampu mencatatkan 40 laga dengan torehan 10 gol dan 2 assist hingga saat ini, alhasil ia akhirnya melepas nomor keramat tersebut dan menyerahkannya pada Eden Hazard.

7. Eden Hazard

Eden Hazard didatangkan dari Chelsea dengan harapan mampu menggantikan peran sentral Ronaldo, apalagi ia juga berposisi sama dengan sang mega bintang, yaitu sayap kiri.

Hazard yang mampu tampil ciamik bersama Chelsea dengan mampu meraih sejumlah penghargaan baik individu maupun tim dinilai sosok yang tepat, namun ternyata setali uang dengan Diaz.

Di musim perdananya Hazard lebih akrab dengan meja operasi sehingga, hanya mampu mencatat 1 gol dan 7 assist dalam 21 pertandingan di seluruh kompetisi.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network