Momen Gol Kontroversial Bruno Fernandes saat Hadapi Man City, Sah Atau Tidak?

"Man United akhirnya bisa mengalahkan Man City..."

Viral | 15 January 2023, 06:20
Momen Gol Kontroversial Bruno Fernandes saat Hadapi Man City, Sah Atau Tidak?

Libero.id - Kontroversi terjadi pada Derbi Manchester di pekan ke-20 Premier League 2022/2023, Sabtu (14/1/2023) malam WIB. Para pemain Manchester City protes pada keputusan wasit ketika mengakui gol Manchester United lewat Bruno Fernandes pada menit ke-78.

Laga Derbi Manchester dimainkan di Old Trafford. Tak ada gol yang tercipta pada babak pertama. Lalu, pada menit ke-60, Jack Grealish membuka keunggulan City usai menerima umpan Kevin De Bruyne.

United bangkit dan mampu membalikkan skor. Pada menit ke-78, Fernandes membuat skor menjadi 1-1. Lalu, Marcus Rashford memberikan tiga gol dan membawa United menang 2-1.

Gol Fernandes menjadi perdebatan yang cukup menarik. Sebab, posisi Rashford dalam posisi offside dan bisa dianggap terlibat dalam proses gol.

United berupaya mengejar gol setelah Jack Greaslih membobol gawang David de Gea pada menit ke-60. Alejandro Garnacho dimainkan dan United tampil agresif untuk bisa mendapatkan gol.

Pada menit ke-78, Casemiro melepas umpan terobosan pada Rashford. Posisi penyerang 25 tahun itu sudah offside.

Namun, Rashford terlihat mengambil waktu dan membiarkan bola lewat. Ada Bruno Fernandes yang bergerak dari arah lain. Fernandes kemudian yang mengeksekusi peluang tersebut dan bola masuk ke gawang Ederson.

Sempat ada keraguan dari wasit Stuart Attwell. Setelah berbicara dengan asisten wasit, Attwell memutuskan gol Fernandes sah. Para pemain Man City segera protes dan Attwell tetap pada pendiriannya.

Posisi Marcus Rashford jelas offside. Dia sudah berada di belakang garis pertahanan lawan ketika Casemiro melepas umpan. Akan tetapi, Rashford tidak menyentuh bola.

Nah, poin itu yang perlu mendapat sorotan lebih. Seorang pemain dinyatakan dalam posisi posisi offside jika menyentuh bola atau terlihat dalam menghentikan lawan saat memainkan bola.

Rashford berlari dari samping dan tidak menyentuh bola. Sementara, tidak ada pemain Man City yang berhasil menyentuh bola dan merebutnya dari Fernandes.

Jadi, Attwell menganulir keputusan awal yang dibuatnya dan menyatakan gol Fernandes sah. Di sini, ada faktor subjektivitas Attwell yang menilai Rashford tidak terlibat dalam permainan.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network