Bikin Panik, Kisah Drone Spionase Terbang di Sesi Latihan Leicester City

"Ada-ada saja ulah salah satu pendukung klub lawan Leicester ini.."

Analisis | 20 January 2023, 18:20
Bikin Panik, Kisah Drone Spionase Terbang di Sesi Latihan Leicester City

Libero.id - Penggunaan drone untuk kegiatan mata-mata ternyata tidak hanya dilakukan di dunia kemiliteran maupun intelijen. Di sepakbola, beberapa klub menggunakan pesawat tanpa awak itu untuk kepentingan mengamati latihan lawannya. Contohnya baru saja dialami Leicester City.

Kisah unik ini terjadi beberapa hari sebelum pertandingan pekan 19 Liga Premier. Seperti biasa, Leicester City menggelar sesi latihan di markasnya.

Namun, hari itu ada yang tak biasa terjadi pada sesi latihan tertutup. Sebuah drone terbang di atas lapangan ketika Brendan Rodgers memimpin para pemain menjalani latihan taktik dan strategi. Akibatnya, James Maddison dkk terkejut dan langsung menghentikan sesi itu.

Karena bukan bagian dari rencana atau fasilitas yang digunakan untuk kebutuhan tim, terang saja drone tersebut berarti digunakan oleh seseorang yang tak bertanggung jawab. Tujuannya, memata-matai sesi latihan Leicester City.

Pihak keamanan klub segera mencari tahu siapa pelakunya. Mereka menemukan seorang pria yang berdiri tidak jauh dari markas latihan The Foxes. Kemudian, mereka meminta sang pria menghentikan aksinya sambil mengancam akan memanggil polisi.

"Pria itu bersikeras tidak akan pergi. Dia memfilmkan latihan yang seharusnya dirahasiakan. Itu adalah bagian penting dari taktik tim dan lawan mengetahui tentang mereka sebelum pertandingan akan menjadi masalah besar," kata salah satu petugas keamanan klub saat dikonfirmasi The Sun.

"Setelah sesi latihan berakhir, skuad mendiskusikannya. Kami sejak itu diberitahu bahwa klub mengambil langkah lebih jauh karena hal serupa telah terjadi sebelumnya dan kepada rival," tambah petugas itu.

Salah satu skandal spionase ikonik di sepakbola Inggris terjadi pada 2019 di Championship Division. Ketika itu, Marcelo Bielsa mengaku pernah mengirim seorang pegawai klub untuk memata-matai Derby County dalam latihan sebelum pertandingan melawan Leeds United.

Akibat tindakan ilegal itu, klub didenda 200.000 pounds (Rp3,7 miliar) oleh FA. Mereka menyebut langkah itu tidak sportif, tapi tidak ilegal.

Setelah insiden di markas Derby County yang dilakukan utusan Marcelo Bielsa, Liga Sepakbola Inggris (EFL) memperkenalkan aturan baru yang melarang melihat sesi latihan lawan dalam 72 jam sebelum pertandingan. Hukuman lebih berat menanti bagi tim yang melanggar.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Leicester City


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network