Bukan Kuning dan Merah, Momen Wasit Perempuan Liga Portugal Keluarkan Kartu Putih

"Apa maksudnya?"

Berita | 23 January 2023, 08:39
Bukan Kuning dan Merah, Momen Wasit Perempuan Liga Portugal Keluarkan Kartu Putih

Libero.id - Sejak Piala Dunia 1970, penggemar sepak bola sudah terbiasa dengan wasit yang mengeluarkan kartu kuning dan kartu merah. Namun, belum banyak yang mengetahui kini seorang wasit juga dipersenjatai dengan 'kartu putih'.

Saat pertandingan antara Benfica dan Sporting Lisbon Women beberapa waktu yang lalu, kartu tersebut digunakan untuk pertama kalinya dalam sepak bola profesional.

Kartu langka tersebut dikeluarkan pada babak pertama saat Benfica unggul 3-0,  wasit mengeluarkan kartu dari saku kantung setelah salah seorang pemain mengeluh kesakitan. Melihat hal tersebut, staf medis dari kedua belah pihak pun berlari untuk membantu sang pemain.

Bukan kepada pemain, melainkan wasit mengeluarkan kartu putih kepada kedua staf medis yang memberikan bantuan ke pemain yang bersangkutan.

Alhasil,  Estadio da Luz .bergemuruh karena sorak-sorai.  Dengan semua itu Anda mungkin heran dan bertanya-tanya.

Kartu putih diketahui merupakan inisiatif baru yang diusung oleh UEFA. Melansir dari laman The Sun kartu putih telah diperkenalkan sebagai bagian dari inisiatif baru untuk ofisial demi mengakui dan memuji klub atas tindakan fair play alias tegaknya sportivitas.

Akan tetapi yang menarik adalah, kartu putih juga turut berfungsi untuk menghukum pemain, staf, atau pelatih yang melakukan protes secara berlebihan kepada wasit.

Dalam pada itu, Presiden UEFA,  Michel Platini menjelaskan

“Hukumannya, bagi pemain di lapangan yang menerima kartu ini harus menepi ke bangku cadangan. Pemain tersebut tidak diperbolehkan tampil dalam waktu 10 menit,”

“Nantinya, siapapun yang melakukan protes keras kepada wasit akan diganjar kartu putih. ini penting, karena protes dari pemain saat ini bisa sangat kasar dan harus ada yang mengatasinya,” pungkasnya.

Sama seperti waktu penghentian tambahan yang mulai berlaku di Piala Dunia 2022, penggunaan kartu putih telah menerima reaksi yang agak beragam di media sosial.

Banyak orang menjawab dengan tepuk tangan dan emoji pujian, menunjukkan penghargaan mereka atas apa yang diwakili oleh kartu tersebut.

Namun, yang lain tidak bisa melihat inti dari isyarat positif.

Seorang pengguna Twitter dengan enteng menulis: "secara efektif tidak berarti apa-apa sejauh yang saya tahu".

Sementara yang lain berkomentar: "Benar-benar omong kosong."

Dengan mengingat hal ini, mungkin perlu beberapa saat sebelum kita melihat kartu tersebut diperkenalkan di Liga Premier dalam waktu dekat.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network