Jelaskan Teknik Menghentikan Bola dengan Paha dalam Permainan Sepakbola

"Simak penjelasan berikut ini"

Analisis | 24 January 2023, 02:57
Jelaskan Teknik Menghentikan Bola dengan Paha dalam Permainan Sepakbola

Libero.id - Mengontrol bola menjadi salah satu teknik dasar yang harus dikuasai para pemain dalam permainan sepakbola. Teknik mengontrol bola adalah usaha untuk menghentikan bola yang sedang melaju cepat ketika bermain sepakbola.

Dalam permainan sepakbola, semua bagian tubuh dapat digunakan untuk mengontrol bola, kecuali tangan. Salah satu bagian tubuh yang dapat digunakan untuk mengontrol atau menghentikan bola adalah paha.

Berdasarkan buku Kepelatihan Sepakbola: Teori dan Praktik (2018), karya Ketut Chandra Adinata Kusuma, S.Pd., M.Pd, cara mengentikan bola menggunakan paha dilakukan dengan menggerakkan tubuh ke arah datangnya bola. Lalu, angkat salah satu kaki hingga membentuk sudut 90 derajat adalah cara menghentikan bola dengan menggunakan paha.

Teknik ini biasanya digunakan untuk mengontrol bola yang masih melambung di udara. Cara melakukannya sangat mudah dan bisa dipelajari semua pemain sepakbola.

1. Posisikan badan menghadap ke arah datangnya bola dan kedua tangan berada di samping badan untuk membantu menjaga keseimbangan. 

2. Kemudian angkat paha dengan lutut sedikit ditekuk. 

3. Tepat ketika bola menyentuh paha, tarik sedikit paha tersebut ke bawah mengikuti arah datangnya bola. Sehingga bola yang akan turun ke tanah agar dapat ditendang. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network