Benarkah Skandal di Juventus Berpengaruh pada Cristiano Ronaldo? Ini Jawabannya

"Konon, Cristiano Ronaldo berpotensi dihukum.."

Analisis | 27 January 2023, 00:06
Benarkah Skandal di Juventus Berpengaruh pada Cristiano Ronaldo? Ini Jawabannya

Libero.id - Cristiano Ronaldo terancam menghadapi sanksi larangan bertanding hingga satu bulan. Tapi, bukan karena dia mendapat kartu merah di Liga Profesional Arab Saudi bersama Al Nassr. Lalu, apa masalahnya?

Pekan lalu, Juventus harus menghadapi hukuman pengurangan 15 poin di Serie A dan beberapa pengurusnya dilarang aktif di sepakbola. Itu akibat skandal manipulasi transfer yang dikenal sebagai Plusvalenza. La Vecchia Signora dianggap curang agar mendapatkan keuntungan uang.

Ternyata, itu bukan akhir dari banjir hukuman yang diberikan. Plusvalenza memiliki efek domino karena Juventus juga curang dalam pemotongan gaji pemain selama pandemi Covid-19. Semua itu bakal berpengaruh pada para pemain maupun mantan pemain Juventus.

Jurnalis Il Fatto Quotidiani, Paolo Ziliani, mengklaim, 22 pemain Juventus saat itu terancam sanksi larangan bertanding sekurang-kurangnya satu bulan. Itu jika mereka dinyatakan bersalah menyepakati pengurangan gaji fiktif pada musim 2019/2020 dan 2020/2021.

Ketika itu, Juventus mengumumkan pemotongan gaji empat bulan. Tapi, kenyataannya hanya satu bulan. Tujuan penipuan oleh manajemen La Vecchia Signora adalah untuk menghindari pajak.

Setelah menyetujui penangguhan gaji selama pandemi Covid-19, Cristiano Ronaldo dikabarkan telah menerima gaji 79,5 juta pounds (Rp1,4 triliun). Ini janggal karena dia menyetujui penangguhan 17,2 juta pounds (Rp314 miliar).

Sanksi ini mengacu pada Pasal 31 Ayat 8 Kode Keadilan Olahraga (Codice di Giustizia Sportiva) milik Asosiasi Sepakbola Italia (FIGC) tentang pelanggaran aspek manajerial dan ekonomi. Dan, seperti saat hukuman di Inggris, sanksi di Italia juga bisa berimbas pada CR7 di Arab Saudi.

Selain Cristiano Ronaldo, nama-nama lainnya yang terancam hukuman antara lain Dejan Kulusevski dan Rodrigo Bentancur (Tottenham Hotspur). Lalu, kiper legendaris Gianluigi Buffon (Parma).

Jelas, ini akan menjadi kabar buruk untuk Cristiano Ronaldo dan Al Nassr jika apa yang diungkapkan Paolo Ziliani benar. Ini seperti kiamat kecil bagi klub kaya Timur Tengah itu, yang menjadikan Cristiano Ronaldo pemain dengan bayaran paling besar di kolong langit. 

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network