30 Pemain Akademi Liverpool yang Diberi Kesempatan Tampil oleh Juergen Klopp

"Tidak semua punya peruntungan bagus. Beberapa yang sukses di antarannya Trent Alexander Arnold dan Ki Jana Hoever."

Feature | 26 August 2020, 13:25
30 Pemain Akademi Liverpool yang Diberi Kesempatan Tampil oleh Juergen Klopp

Libero.id - Juergen Klopp bukan hanya pelatih yang bisa mengubah peruntungan Liverpool di Liga Champions maupun Premier League. Nakhoda berkebangsaan Jerman itu juga sosok yang memberi kesempatan banyak pemain produk sekolah sepakbola The Reds menjalani debut di tim utama.

Beberapa nama pemain muda yang pangkatnya dinaikkan Klopp masih ada yang eksis hingga saat ini. Performa bagus dan prestasi membanggakan membuat mantan nakhoda Borussia Dortmund tersebut puas. Bahkan, beberapa pemain muda tersebut tetap masuk rencana Klopp menghadapi kompetisi 2020/2021.

Namun, tidak semua pemain muda didikan The Reds bisa bersinar di tim utama asuhan Klopp. Ada pemain  yang hanya bertahan 1 tahun. Tapi, tidak sedikit yang harus terbuang dalam hitungan minggu dan bulan. Pasalnya, persaingan di skuad utama Anfield sangat ketat.

Berikut ini 30 pemain akademi yang mendapatkan kesempatan membela tim utama Liverpool di era Klopp:


1. Connor Randall

Libero.id

Kredit: liverpoolfc.com

Randall mendapatkan debut di tim utama pada awal kekuasaan Klopp. Dia bermain 90 menit melawan Bournemouth di Piala Liga Inggris, Oktober 2015. Setelah itu, sang gelandang membuat tujuh penampilan lagi untuk The Reds sebelum dilepas pada 2019.

"Itu adalah pertandingan Piala Liga. Saya diberi tahu bahwa saya akan bermain melawan Bournemouth malam sebelumnya dan saya sangat bersemangat. Itu semua tentang mengetahui bahwa impian saya akan menjadi kenyataan pada hari berikutnya. Saya ingat saya berusaha keras untuk mendapatkan tiket sebanyak mungkin untuk keluarga dan teman saya. Berdiri di terowongan, rasanya tidak nyata, terutama saat You’ll Never Walk Alone mulai dinyanyikan. Ini adalah momen yang akan selalu saya ingat," kata Randall pada Januari 2020, dilansir Planet Football.


2. Ryan Kent

Kent melakukan debut melawan Exeter City di Piala FA pada Januari 2016. Sayang, itu menjadi satu-satunya penampilannya tim utama Liverpool. Setelah dipinjamkan ke Barnsley, Freiburg, dan Bristol City, dia bergabung dengan Glasgow Rangers dengan kontrak permanen pada 2019.


3. Sheyi Ojo

Ojo juga melakukan debut seniornya melawan Exeter dan mencetak gol pertamanya untuk Liverpool melawan lawan yang sama pada laga replay. Pemain sayap itu membuat sembilan penampilan di tim utama lagi pada 2015/2016, tetapi tidak bermain untuk klub sejak Januari 2017. Dia menghabiskan tiga musim terakhir dengan status pinjaman.


4. Joe Maguire

Karier Maguire di Liverpool mencapai 13 menit dalam penampilan sebagai pemain cadangan melawan Exeter. Setelah itu, pemain yang berposisi sebagai bek tersebut dijual ke Fleetwood Town pada Januari 2017.


5. Sergi Canos

Libero.id

Kredit: liverpoolfc.com

Canos hanya tampil satu kali di tim utama, yaitu melawan West Bromwich Albion, pada Mei 2016. Tapi, dia meninggalkan Liverpool beberapa minggu kemudian. Persaingan yang ketat menjadi faktor yang membuat Canos tersingkir.

"Mereka tidak menawarkan saya kesempatan untuk mencoba dan berlatih serta bermain untuk tim utama. Saya melakukan debut saya. Tapi, saya kira itu bukan hal yang baik. Itu hal yang bagus karena mereka bisa menjual saya seharga 2,5 juta pounds ke Norwich City," beber Canos kepada The Guardian pada 2018.


6. Ovie Ejaria

Ejaria bergabung dengan akademi Liverpool dari Arsenal pada 2014 dan melakukan debutnya melawan Derby County di Piala Liga Inggris pada September 2016. Pemain berusia 22 tahun itu membuat tujuh penampilan lagi di semua kompetisi selama musim 2016/2017. Tapi, dia menghabiskan tiga tahun terakhir dengan status pinjaman ke klub lain.


7. Trent Alexander-Arnold

Libero.id

Trent Alexander Arnold

Alexander-Arnold melakukan debut senior dalam pertandingan Piala Liga Inggris melawan Tottenham Hotspur pada Oktober 2016 dan langsung sukses. Pemain berusia 21 tahun ini telah berkembang menjadi salah satu bek kanan terbaik di dunia. Dia sanggup membantu Liverpool memenangkan Liga Champions dan Premier League dalam dua musim terakhir.


8. Ben Woodburn

Woodburn melakukan debut senior pada usia 17 tahun. Dia menggantikan Georginio Wijnaldum di menit-menit akhir kemenangan 2-0 Liverpool saat melawan Sunderland pada November 2016. Dia kemudian menjadi pencetak gol termuda The Reds setelah datang dari bangku cadangan untuk mencetak gol melawan Leeds United di Piala Liga Inggris, tiga hari kemudian.

Sayang, sejak saat itu, pemain berusia 20 tahun tersebut gagal menunjukkan performa seperti yang diharapkan banyak orang. Akibatnya, dia menghabiskan musim 2019/2020 dengan status pinjaman di Oxford United di League One.


9. Harry Wilson

Wilson bermain 25 menit dalam kemenangan Piala FA atas Plymouth pada 2017, menggantikan Philippe Coutinho. Setelah dipinjamkan ke Hull City, Derby County, dan Bournemouth, pemain internasional Wales itu kemungkinan besar meninggalkan klub secara permanen pada musim panas ini.


10. Curtis Jones

Dianggap sebagai salah satu yang terbaik dari kelompoknya, Jones melakukan debut tim utama dalam kekalahan Putaran III Piala FA dari Wolverhampton Wanderers pada Januari 2019. Sang gelandang membuat 12 penampilan di semua kompetisi pada 2019/2020 dan memenangkan Gol Terbaik Piala FA. Gol itu lahir saat Liverpool melawan Everton.


11. Ki-Jana Hoever

Libero.id

Ki-Jana Hoever

Hoever juga melakukan debut kompetitifnya melawan Wolves. Saat itu, dia menggantikan Dejan Lovren yang cedera setelah hanya bermain 6 menit. Bek Belanda ini membuat total tiga penampilan tim utama pada 2019/2020. Dia mencetak gol pertamanya untuk Liverpool saat berjumpa MK Dons di Piala Liga Inggris.


12. Rafa Camacho

Debutan ketiga Liverpool yang tampil di Molineux. Camacho mulai sebagai bek kanan dan bermain 90 menit. Dia kemudian melakukan debut Premier League melawan Crystal Palace, 12 hari kemudian. Setelah itu dia bergabung dengan Sporting Lisbon dengan kontrak permanen pada Juni 2019.


13. Rhian Brewster

Brewster disebut-sebut sebagai calon pemain besar di Anfield setelah membantu Inggris memenangkan Piala Dunia U-17 pada 2017. Tapi, cedera pergelangan kaki yang serius menggagalkan kemajuannya.

Pemain muda yang berposisi sebagai striker itu akhirnya mendapat kesempatan untuk melakukan debut di tim utama dalam pertandingan Piala Liga Inggris melawan MK Dons pada September 2019. Kemudian, dia harus menjalani masa pinjaman yang sukses di Swansea City.


14. Herbie Kane

Kane menggantikan Oxlade-Chamberlain melawan MK Dons dan kemudian bermain 90 menit penuh melawan Aston Villa di kompetisi yang sama. Sang gelandang menghabiskan paruh kedua musim 2019/2020 dengan status pinjaman di Hull City. Di sana dia mencetak dua gol dalam sembilan penampilan.


15. Caoimhin Kelleher

Libero.id

Kredit: liverpoolfc.com

Kelleher adalah pemain pengganti yang tidak digunakan untuk final Liga Champions 2019 dan mencatatkan clean sheets dalam kemenangan 2-0 Liverpool atas MK Dons. Kiper muda tersebut membuat tiga penampilan lagi pada 2019/2020, tapi belum melakukan debut di Premier League.


16. Neco Williams

Williams menandai debutnya melawan Arsenal dengan assist dramatis di menit-menit terakhir untuk Divock Origi di Piala Liga Inggris. Bek kanan itu membuat 10 penampilan tim utama lagi pada 2019/2020 untuk menjadi orang Wales kelima yang mendapatkan medali juara Premier League.


17. Morgan Boyes

Boyes menjalani debut di perempat final Piala Liga Inggris melawan Aston Villa pada Desember 2019. Tapi, itu tidak berjalan sesuai rencana. Sebab, dia menandai kesempatan itu dengan gol bunuh diri yang sangat disayangkan. Sebab, Liverpool kalah 0-5. Hasil itu terjadi karena Klopp memainkan tim U-23 lantara skuad utama sedang tampil di Piala Dunia Antarklub.


18. Luis Longstaff

Longstaff bergabung dengan Liverpool dari Newcastle United pada 2015. Tapi, pemain ini tidak memiliki hubungan darah dengan Longstaff lainnya yang ada di di St James' Park (Sean dan Matty Longstaff). Dia melakukan debut senior melawan Aston Villa sebelum menandatangani kontrak baru dengan The Reds pada Juni 2020.


19. Thomas Hill

Hill memulai dengan kekalahan Liverpool di Villa Park pada Piala Liga Inggris. Setelah itu dia kembali berlatih bersama Liverpool U-23 dan hingga kini belum mendapatkan kesempatan bermain di skuad utama lagi.


20. Isaac Christie-Davies

Christie-Davies juga tampil sebagai pemain senior saat melawan Aston Villa. Hingga kini itu menjadi satu-satunya penampilannya untuk klub. Pemain berusia 22 tahun tersebut kemudian dipinjamkan ke klub Belgia, Cercle Brugge, pada Januari 2020 dan kembali ke Anfield pada akhir musim ini.


21. Jack Bearne

Libero.id

Kredit: liverpoolfc.com

Bearne keluar dari bangku cadangan selama 25 menit terakhir melawan Aston Villa ketika Liverpool sudah menelan kekalahan. "Perasaan luar biasa saat melakukan debut untuk klub spesial ini! Para pemain muda memberikan segalanya dan bisa sangat bangga. Terima kasih atas dukungan suporter," tulis Bearne di akun Twitter resmi miliknya, @jakkbearne10, pada 18 Desember 2019


22. Leighton Clarkson

Clarkson menggantikan Christie-Davies selama 13 menit terakhir saat melawan Aston Villa di Villa Park. Lalu, dia kembali menjalani pertandingan ketika The Reds melawan Shrewsbury Town di Piala FA.


23. James Norris

Norris juga menjadi salah satu pemain yang tampil di laga melawan Aston Villa. Dia mulai bermain ketika pertarungan memasuki menit 82. Sayang, pada duel yang berakhir dengan kekalahan Liverpool, Norris tidak mendapatkan banyak kesempatan untuk menunjukkan apa yang bisa dia lakukan.


24. Nathaniel Phillips

Setelah dipanggil kembali dari masa peminjaman di VfB Stuttgart, Phillips menjadi starter saat Liverpool menang 1-0 atas Everton di Putaran III Piala FA pada Januari 2020. Delapan hari kemudian, pemain berusia 23 tahun itu dikirim kembali ke Jerman dengan status pinjaman ke Stuttgart.


25. Yasser Larouci

Libero.id

Kredit: liverpoolfc.com

Larouci menggantikan James Milner yang cedera saat pertandingan melawan Everton. Lalu, dia masuk starting line-up pada pertandingan melawan Shrewsbury Town pada Putaran IV Piala FA. Laga itu berakhir imbang 2-2.


26. Adam Lewis

Salah satu dari banyak pemain muda yang melakukan debut melawan Shrewsbury Town dalam pertandingan replay Putaran IV Piala FA adalah Lewis. Namun, dia akan menghabiskan musim 2020/2021 dengan status pinjaman di tim Ligue 2, Amiens. "Liverpool mengalahkan Shrewsbury dengan tim termuda dalam sejarah klub dengan usia rata-rata 19 tahun 102 hari," tulis @FootyAccums pada 4 Februari 2020.


27. Liam Millar

Millar menghabiskan paruh pertama musim 2019/2020 dengan status pinjaman di Kilmarnock sebelum diminta kembali ke Anfield. Lalu, dia dimainkan saat pertandingan replay Putaran IV Piala FA versus Shrewsbury, yang berakhir kemenangan 1-0.


28. Jake Cain

Setelah membintangi Liverpool U-23 pada 2019, Cain bermain penuh selama 90 menit melawan Shrewsbury. Saat ini dia kembali bermain di tim junior dan belum jelas kapan akan mendapatkan kesempatan bermain di tim utama lagi.


29. Joe Hardy

Libero.id

Kredit: liverpoolfc.com

Hardy bergabung dengan Liverpool U-23 pada Januari 2020 dan melakukan debut kompetitifnya melawan Shrewsbury Town. Saat itu, dia masuk lapangan menggantikan James Miller pada menit 82.


30. Elijah Dixon-Bonner

Dixon-Bonner masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-90 melawan Shrewsbury Town. Dengan penampilan yang minim itu, tidak banyak yang bisa dinilai dari Dixon-Bonner. Apalagi, setelah pertandingan itu dia kembali ke tim junior untuk bermain di kompetisi antartim muda. Belum jelas apakah Dixon-Bonner akan mendapat kesempatan bermain lagi atau tidak.

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Liverpool


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network