Jelaskan Tujuan Melakukan Gerakan Melempar atau Mengumpan Bola Basket

"Simak penjelasan berikut ini.."

Analisis | 04 February 2023, 04:34
Jelaskan Tujuan Melakukan Gerakan Melempar atau Mengumpan Bola Basket

Libero.id - Dalam permainan bola basket, gerakan melempar atau mengumpan bola merupakan salah gerakan dasar bola basket yang harus dikuasai para pemain. Pasalnya, olahraga basket merupakan permainan tim.

Ketika memainkan bola basket, menjadi suatu keharusan para pemain dalam satu tim bisa mengalirkan bola dengan cara melakukan gerakan lemparan atau mengumpan bola. Gerakan lemparan atau mengumpan bola menjadi  salah satu dasar yang harus dikuasai para pemain dalam permainan bola basket.

Gerakan melampar atau mengumpan bola basket memiliki tujuan untuk mempermudah gerakan tim baik dalam menyerang maupun bertahan.

Pada teknik mengumpan bola basket, dilakukan dengan cara passing. Dalam praktiknya ada beberapa jenis passing. Jenis passing yang dilakukan tergantung pada kondisi satu sama lain pemain. Secara singkat, mengumpan dalam bola basket dilakukan secara kondisional.

Tujuan Teknik Mengumpan dalam Permainan Bola Basket

1. Variasi Dasar

a). Bounce pass merupakan jenis teknik mengumpan dalam permainan bola basket yang dilakukan dengan cara memantulkan bola ke lantai. Gerakan ini bertujuan untuk menghindari hadangan pemain lawan sehingga bola tidak terebut.

b). Chest pass adalah teknik mengumpan dalam permainan bola basket dengan cara bola dilempar kepada rekan setim searah dada. Cara melakukan chest pass dilakukan dengan menggunakan kedua tangan.

c). Overhead pass adalah teknik mengumpan bola dari atas kepala (overhead). Cara melakukannya dengan mengangkat bola hingga atas kepala, lalu melemparkannya menggunakan dua tangan.

d). Wraparound pass adalah teknik mengumpan bola basket yang kerap dilakukan oleh pemain basket ketika berhadapan dengan lawan dalam jarak yang dekat. Teknik ini dilakukan dengan cara melempar bola ke arah rekan setim melewati bagian bawah lengan pemain lawan yang melakukan gerakan menghalangi.

2. Variasi Lanjutan

a). Dribble pass merupakan teknik mengumpan bola basket dengan satu pemain memberikan umpan kepada pemain lain setelah ia menggiring bola (dribble). Cara melakukan dribble pass dengan melemparkan bola menggunakan satu tangan setelah selesai melakukan dribble dengan tujuan mengecoh lawan dan mempercepat serangan.

b). Baseball pass adalah teknik mengumpan bola basket yang digunakan untuk mengoper bola jarak jauh. Teknik mengumpan ini dilakukan dengan cara melempar bola dari atas atau belakang kepala. Baseball pass merupakan jenis operan jarak jauh dan biasanya jarak si penerima berada di setengah lapangan atau lebih.

c). Behind the back pass merupakan teknik mengumpan bola basket yang sulit dilakukan. Teknik ini membutuhkan skill ketepatan melakukan variasi gerakan, akurasi lemparan, serta keseimbangan tubuh. Cara melakukan teknik behind the back pass yaitu melempar bola melewati belakang punggung.

d). Pick and roll pass adalah kombinasi gerakan pick and roll dengan gerakan passing atau mengumpan. Tujuan dari pick and roll adalah untuk membuka ruang agar pemain bisa menembus lebih dalam daerah pertahanan lawan. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network