Kisah Transfer Takumi Minamino yang Dianggap Murni Aksi Bisnis

"Di mana dia sekarang? Ini kabar terbarunya.."

Biografi | 10 February 2023, 03:57
Kisah Transfer Takumi Minamino yang Dianggap Murni Aksi Bisnis

Libero.id - Masih ingat Takumi Minamino? Pemain asal Jepang yang sempat bergabung ke Liverpool itu sekarang berada di Prancis membela AS Monaco. Uniknya, keberadaannya dianggap sia-sia. Bahkan, banyak yang menyebut kepentingan bisnis jauh lebih besar dari teknis.

Takumi Minamino bergabung dengan The Reds dari raksasa Austria, Redbull Salzburg, pada Januari 2020 setelah mengaktifkan klausul rilis senilai 7,25 juta pounds (Rp132 miliar).

Pemain tim nasional Jepang itu menjadi bintang Redbull Salzburg di Liga Champions melawan Liverpool pada awal musim 2019/2020 sehingga langkahnya ke Inggris sangat ringan. Lalu, Juergen Klopp sangat yakin membawa Takumi Minamino ke Anfield pada pertengahan musim.

Sayang, setelah membantu memenangkan Liga Premier pada setengah musim pertamanya, pemain sayap itu berjuang untuk tampil mengesankan selama waktunya di Liverpool.

Takumi Minamino memang masih bisa mencetak 10 gol dalam 24 pertandingan di semua kompetisi pada musim 2021/2022, termasuk empat gol selama keberhasilan The Reds menjuarai Piala Liga Inggris. Tapi, jumlah itu sangat minimalis karena Takumi Minamino kurang moncer di Liga Premier.

Dan, ketika transfer window musim panas 2022 dibuka, Juergen Klopp mengizinkan Takumi Minamino mencari klub baru. Pemain berusia 28 tahun itu meninggalkan Anfield untuk bergabung ke AS Monaco dengan kontrak permanen.

Sejauh ini, Takumi Minamino telah membuat 11 penampilan Ligue 1 untuk tim asuhan Philippe Clement. Dia mencetak 1 gol dan memberikan 3 assist. Tapi, dirinya juga ada bangku cadangan secara teratur dalam beberapa pekan terakhir. Dan, itu memunculkan kritik pedas dari media papan atas Prancis, L'Equipe.

Menurut L'Equipe, Takumi Minamino didatangkan AS Monaco dengan alasan bisnis murni. AS Monaco ingin menembus pasar Jepang, yang dalam beberapa tahun terakhir dimasuki Paris Saint-Germain (PSG) dengan mulus berkat Kylian Mbappe, Neymar, dan Lionel Messi.

Hanya saja pendapat L'Equipe ditentang media lainnya. Monaco Tribune misalnya, menyatakan penampilan Takumi Minamino di AS Monaco cukup layak dibanggakan. Dia mampu membuat kekacauan di pertahanan lawan dalam sejumlah pertandingan Ligue 1.

Lalu, apa pendapat pelatihnya, Philippe Clement? Dia menyebut Takumi Minamino telah berlatih dengan keras untuk bisa mendapatkan kesempatan bermain secara reguler. Tapi, dirinya juga menyebut sepakbola hanya terdiri dari 11 pemain di lapangan. Jadi, dirinya harus memilih.

"Sederhana saja. Hanya ada 11 tempat di tim utama. Takumi telah melakukan latihan dengan baik untuk sementara waktu, dan dia telah siap," ujar Philippe Clement, dilansir RMC Sport.

"Saya memberikan kesempatan kepada pemain yang sudah siap. Tapi, sayangnya saya tidak bisa memberikan hadiah kepada semua yang bekerja dengan baik dalam latihan. Ada pertimbangan lain mengapa pemain ini main dan pemain yang itu tidak. Ini hanya masalah teknis," pungkas Philippe Clement.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan AS Monaco


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network