Inilah Alasan Shin Tae-yong Bakal Gelar TC Timnas U-20 di Korea Selatan lagi

"Mengapa bukan ke Eropa? Ternyata ada alasan khusus.."

Analisis | 10 March 2023, 03:11
Inilah Alasan Shin Tae-yong Bakal Gelar TC Timnas U-20 di Korea Selatan lagi

Libero.id - Seusai terhenti di fase grup Piala AFC U-20 2023 di Uzbekistan, timnas U-20 akan langsung menjalani pemusatan latihan jangka panjang. Kali ini, Shin Tae-yong akan membawa Garuda Muda berlatih di Korea Selatan. Kenapa bukan Eropa? Ternyata, ada alasan khusus.

Tidak peduli dengan kontroversi yang mengiringi pemanggilan pemain untuk TC jangka panjang, Shin Tae-yong memastikan Hokky Caraka dkk akan tetap bersama sebagai satu tim sampai Piala Dunia U-20 2023 digelar.

Berdasarkan diskusi dengan Shin Tae-yong, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, memastikan timnas U-20 akan berlatih di luar negeri. Bukan Turki, Spanyol, atau Belanda. Garuda Muda memiliki agenda latihan di Negeri Ginseng.

Kapan tanggal pastinya belum jelas karena setelah kembali dari Piala AFC U-20 2023, Shin Tae-yong akan fokus bersama timnas senior untuk FIFA Matchday melawan Kenya dan Burundi pada 20-28 Maret 2023. Saat itu, semua pemain Garuda Muda akan diberi libur untuk bertemu keluarga masing-masing.

"Saya masih akan rapat dengan Coach Shin. Saya akan memastikan apakah mereka langsung TC lagi atau tidak. Kan, ada FIFA matchday. Jadi, Coach Shin mempersiapkan itu," ujar Indra Sjafri, dilansir Antaranews.

Piala Dunia U-20 2023 akan dilaksanakan pada 20 Mei-11 Juni 2023. Sejauh ini sudah ada 20 negara dari total 24 peserta yang sudah memastikan diri tampil.

Diluar tuan rumah ada dan empat negara Asia yang masih dinanti, negara-negara yang pasti tampil adalah Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Fiji, Brasil, Uruguay, Kolombia, Ekuador, Selandia Baru, Inggris, Prancis, Israel, Italia, Slovakia, Gambia, Nigeria, Senegal, dan Tunisia.

Untuk mengantisipasi semua kemungkinan di Piala Dunia U-20 2023, timnas U-20 butuh latihan intensif di sisa waktu yang ada.

Pertanyaannya, mengapa memilih TC jangka panjang di Korea Selatan? Apakah karena Shin Tae-yong berasal dari sana? "Awalnya pelatih (Shin Tae-yong) meminta TC di Belanda. Tapi, diubah ke Korea Selatan," ujar Indra Sjafri.

"Alasan spesifiknya saya tidak tahu. Tapi, saya rasa situasi Korea Selatan memang bagus untuk meningkatkan kondisi fisik. Para pemain juga sudah terbiasa berlatih di sana," beber pria asal Sumatera Barat yang akan menukangi timnas U-22 untuk SEA Games 2023 di Kamboja itu.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network