Kenalkan Victor Dethan! Pemain Baru Timnas U-20, Calon Juara Liga 1 Keturunan Kanada-Belanda

"Wonderkid PSM Makassar nihh.."

Berita | 17 March 2023, 16:40
Kenalkan Victor Dethan! Pemain Baru Timnas U-20, Calon Juara Liga 1 Keturunan Kanada-Belanda

Libero.id - Shin Tae-yong telah memanggil 29 pemain untuk pemusatan latihan (TC) lanjutan Timnas U-20 persiapaan Piala Dunia U-20 2023. Sekitar 90 persen adalah nama-nama lama yang jadi bagian dari skuad di Piala AFC U-20 2023 lalu ditambah dengan 3 calon pemain naturalisasi: Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick.

Namun ada dua nama baru, dan boleh dibilang nama Victor Dethan yang paling menarik perhatian.  Sekilas untuk yang tidak mengetahui, pemain berusia 18 tahun ini secara mungkin dikira adalah pemain naturalisasi.

Tapi Victor Dethan lahir dan dibesarkan di Indonesia. Lantas siapakah sebenernya Victor Dethan?

Pemain PSM Makassar lahir pada 11 Juli 2004 di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Dirinya memiliki darah Kanada dan Belanda dari sang ibu, sementara ayahnya orang Indonesia tulen.

Sebelum menekuni sepakbola, Dethan lebih dulu menyukai futsal, sebelum akhirnya pada 2017 saat usianya 13 tahun Dethan beralih dan serius bermain sepakbola.

Keputusan itu terbukti tepat melihat perkembangan permainannya yang relatif cepat, bahkan pada penghujung 2020 lalu
Victor Dethan dipanggil oleh Bima sakti untuk pemusatan latihan Timnas IndonesiaU-16. Namun sayangnya dirinya tak lolos seleksi akhir.

Di saat bersamaan, permainan Victor Dethan mulai meningkat setelah ditempa di Elite Pro Academy (EPA) U-18  bersama PSM Makassar.

Dari situ Victor Dethan mulai ikut latihan bersama tim senior PSM Makassar hingga akhirnya diberi kepercayaan oleh Bernando Tavares melalukan debut saat melawan Bali United di pekan kedua BRI Liga 1 2022/23, meski hanya merasakan kurang lebih satu menit masuk menggantikan Yakob Sayuri.

Pemain berposisi bek namun bernomor punggung 7 itu kemudian dipercaya tampil kembali, tercatat sejauh ini Victor Dethan sudah mencatatkan 15 laga, tiga di antaranya dijalani sebagai starter dengan catatan satu assist saat PSM Makassar menang 4-1 atas Barito Putera di pekan ke-23.


Melihat klasemen saat ini dimana PSM Makassar unggul 13 poin dari Persija Jakarta dan Persib Bandung, kemungkinan besar Victor Dethan akan merasakan gelar juara bersama PSM Makassar.

Dan akan semakin manis bila nantinya Victor Dethan bisa masuk dalam pilihan Shin Tae-yong untuk Piala Dunia U-20 2023. Namun yang jelas dirinya harus bekerja keras untuk memastikan hal tersebut.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network