Dua Minggu Beres! Janji PSSI untuk Naturalisasi Justin Hubner, Ivar Jenner, Rafael Struick

"Sama-sama kita tunggu janjinya.."

Analisis | 19 March 2023, 20:06
Dua Minggu Beres! Janji PSSI untuk Naturalisasi Justin Hubner, Ivar Jenner, Rafael Struick

Libero.id - PSSI memastikan proses naturalisasi tiga pemain timnas U-20 asuhan Shin Tae-yong akan beres dalam dua minggu. Pasalnya, berkas Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick sudah ada di tangan DPR RI. Itu artinya, hanya tinggal ketuk palu yang tidak butuh waktu lama.

Pendukung timnas Indonesia sempat cemas ketika Asosiasi Sepakbola Belanda (KNVB) memasukkan nama Justin Hubner dalam daftar skuad Belanda U-20 untuk pertandingan persahabatan akhir bulan ini. 

Suporter semakin khawatir karena Ivar Jenner dan Rafael Struick juga mengaku tidak tahu perkembangan naturalisasinya. Bahkan, Ivar Jenner sempat mengku belum pernah berkomunikasi dengan pengurus baru PSSI pengganti Mochamad Iriawan.

Namun, semua kekhawatiran itu mulai ditepis PSSI. Beberapa hari lalu, Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, mengatakan DPR RI sudah mengagendakan rapat untuk memutuskan nasib Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick. Rapat itu digelar awal pekan ini.

Hal senada diungkapkan salah satu anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga. Dia menyebut, semuanya kini di tangan DPR RI. Dan, normalnya tidak butuh waktu lama untuk diresmikan sebagai WNI.

"Kita tahu ketika sudah mendapat surat dari Pak Presiden (Joko Widodo) mengenai naturalisasi pemain, itu kan diproses DPR. Tapi, mereka reses. Nah, setelah beres resesnya langsung kami urus. Jadi Komisi III dan Komisi X sudah sidang pada Senin (20/3/2023)," ujar Arya Sinulingga kepada awak media di Jakarta, Minggu (19/3/2023).

Paspor Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick sangat penting karena Shin Tae-yong akan kembali memulai TC jangka panjang timnas U-20 pada 1 April 2023. Ketiganya masuk dalam daftar pemain.

Selain itu, ketika sebuah turnamen akan digelar, semua tim peserta harus menyerahkan daftar pemain yang dibutuhkan. Salah satu syaratnya adalah paspor. Selain itu, bagi pemain naturalisasi harus ada surat pindah asosiasi seperti yang dilakukan Ezra Walian, Jordi Amat, hingga Shayne Pattynama.

"(Sidang) pada hari yang sama. Mudah-mudahan dalam tempo sepekan ini, dan nanti paripurna. Ya, semoga tak meleset. Tapi, kami tunggu saja nanti. Minggu-minggu depan juga, dari sana langsung ke Pak Jokowi surat dari DPR selesai," ungkap Arya Sinulingga.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network