Aneh! 12 Pemain Dipanggil Timnas Indonesia, Persija Punya Jadwal Main Lawan Persita

"Pertandingannya bareng FIFA Matchday lagi.."

Analisis | 20 March 2023, 15:03
Aneh! 12 Pemain Dipanggil Timnas Indonesia, Persija Punya Jadwal Main Lawan Persita

Libero.id - Entah siapa yang salah, PT Liga Indonesia Baru (LIB) kembali melakukan blunder fatal dalam menyusun jadwal Liga 1 2022/2023. Bayangkan, saat FIFA Matchday diselenggarakan timnas Indonesia, Persija Jakarta harus bertanding melawan Persita Tangerang. Masalahnya, 12 pemain Macan Kemayoran dipanggil PSSI.

Operator Liga 1 telah memutuskan pertandingan Persija Jakarta dengan Persita Tangerang pada pekan 23 yang tertunda akan berlangsung pada Selasa (28/3/2023).

Sekilas, tidak ada masalah dengan tanggal tersebut. Tapi, jika dicermati lebih lanjut, timnas Garuda akan menghadapi pertandingan kedua melawan timnas Burundi di Bekasi. Pertandingan pertama diselenggarakan pasa Sabtu (25/3/2023) di tempat yang sama.

Ketika pertandingan itu digelar, Macan Kemayoran dipastikan tanda 14 pemain. Mereka adalah 12 pemain timnas Indonesia senior maupun junior, serta 2 pemain asing, yaitu Hanno Behrens dan Abdullah Yusuf Helal.

Pasalnya, ada enam pemain Persija Jakarta yang dipanggil ke timnas Indonesia untuk uji coba melawan timnas Burundi. Mereka adalah Riko Simanjuntak, Hansamu Yama Pranata, Syahrian Abimanyu, Witan Sulaeman, Muhammad Ferarri, dan Dony Tri Pamungkas.

Muhammad Ferarri dan Dony Tri Pamungkas juga dipanggil ke timnas U-20 untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023. Sementara enam pemain lainnya yang dipanggil ke timnas U-20 adalah Cahya Supriadi, Frengky Missa, Alfriyanto Nico, Achmad Maulana Syarif, Resa Aditya, dan Ginanjar Wahyu Ramadhani.

Pada saat itu, timnas U-20 memang tidak akan bertanding. Tapi, rencananya Garuda Muda akan berlatih di Jakarta sebelum menggelar pemusatan latihan jangka panjang di Korea Selatan.

"Dari periode 20-29 Maret ini, Persija punya satu pertandingan melawan Persita (28 Maret 2023). Kami akan bermain tanpa 12 pemain. Sekali lagi saya garis bawahi 12 pemain," kata Wakil Presiden Persija Jakarta, Ganesha Putra, dalam pernyataan resminya kepada media.

"Artinya dari 29 Maret sampai kompetisi selesai Persija Jakarta akan bermain tanpa banyak pemain. Jadi, ada problem yang muncul," tambah Ganesha Putra.

Karena alasan itu, Persija Jakarta meminta pengertian PT LIB. Bahkan, mereka meminta pertandingan melawan Persita Tangerang ditunda, setidaknya sampai FIFA Matchday berakhir.

"Apa yang saya sampaikan di sini kelihatannya problem Persija. Tapi, tidak. Ini problem sepakbola Indonesia. Karena sebenarnya klub mengalami permasalahan yang sama. Saya tahu ada klub-klub yang juga mempunyai pertandingan di FIFA Matchday antara 20-29 Maret 2023," kata Ganesha Putra.

"Saya bicara solusi jangka pendek lebih dulu. Menurut kami best way dan yang paling bijak adalah melakukan reschedule (jadwal ulang) terhadap pertandingan yang dimainkan di FIFA Matchday. Sebab, normalnya tak ada pertandingan," pungkas Ganesha Putra.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network