Profil Adama Bojang, Pemain Piala Dunia U-20 2023 yang Tak Punya Klub Profesional

"Siapa anak muda Gambia itu? Ini kisah uniknya.."

Biografi | 20 March 2023, 22:53
Profil Adama Bojang, Pemain Piala Dunia U-20 2023 yang Tak Punya Klub Profesional

Libero.id - Gambia adalah sebuah negara kecil di Afrika, dan lewat sepakbola mereka berusaha bersaing dengan negara-negara lain yang secara geografis jauh lebih besar dan punya tradisi sepakbola bagus. Salah satu caranya melalui Piala Dunia U-20 2023.

Sejarah Gambia di sepakbola tercipta beberapa pekan lalu saat hattrick Adama Bojang melawan Sudan Selatan U-20 pada perempat final Piala Afrika U-20 2023 mengantarkan Gambia U-20 ke putaran final Piala Dunia U-20 2023. Itu menjadi kebanggaan bagi sang pemain dan seluruh negeri.

Tidak hanya terbang ke Jakarta, berkat penampilan di Piala Afrika U-20 2020, Adama Bojang juga langsung banjir peminat. Setidaknya dua klub Inggris, Nottingham Forest dan Tottenham Hotspur, menyatakan ketertarikan.

Namun, Adama Bojang tidak buru-buru dan hanyut dalam euforia pribadi. Dia memilih sabar demi fokus bersama Gambia U-20. Adama Bojang ingin membantu negaranya melangkah sejauh mungkin dalam turnamen sepakbola junior paling bergengsi di kolong langit itu.

"Gambia tidak terkenal di banyak tempat. Kami ingin membuat negara kami dikenal, untuk menunjukkan apa yang bisa dilakukan Gambia. Kami ingin membawa Gambia ke ketinggian baru. Dan, ini adalah kesempatan besar bagi semua pemain muda untuk menunjukkan bakat mereka dan melangkah lebih jauh dalam sepak bola," ujar Adama Bojang di situs resmi FIFA.

"Kami berjuang dengan semua yang kami miliki. Menjadi pemenang adalah berkat kerja tim yang hebat," tambah Adama Bojang.

Meski pada akhirnya kalah dari Nigeria di semifinal Piala Afrika U-20 2023, Adama Bojang tetap optimis bisa melangkah jauh di Piala Dunia U-20 2023. "Kami akan pergi ke sana dan bermain melawan negara yang lebih besar. Banyak dari mereka tidak tahu siapa kami. Ini adalah kesempatan bagus untuk menampilkan bakat kami dan menempatkan Gambia di peta persaingan," kata Adama Bojang.

"Seperti yang saya katakan, sepakbola tidak dimainkan di atas kertas. Gambia bisa mengalahkan negara yang lebih besar. Kita semua percaya ini. Dengan kerja keras, saya yakin Gambia akan melaju jauh di Piala Dunia U-20," beber Adama Bojang.

Adama Bojang saat ini belum memiliki klub profesional. Dia tercatat sebagai pemain di agensi SPOCS Global Sport. Itu agensi yang menaungi ratusan pemain Eropa.Beberapa nama cukip populer seperti Martin Dubravka di Newcastle United dan Sasa Kalajdzic di Wolverhampton Wanderers.

Jika mampu mencuri perhatian di Piala Dunia U-20 2023, Adama Bojang akan punya karier bagus di sepakbola. "Fokus saya adalah pada permainan, bukan apa yang dikatakan media. Gelar pribadi tidak akan berarti bagi masyarakat Gambia," pungkas Adama Bojang.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network