4 Hal Menarik Tentang Pemain Baru Timnas U-20 Victor Dethan

"Mirip-mirip Ronaldo Kwateh dan Hugo Samir."

Biografi | 22 March 2023, 15:58
4 Hal Menarik Tentang Pemain Baru Timnas U-20 Victor Dethan

Libero.id - Menjadi salah satu muka baru di TC jangka panjang timnas U-20 asuhan Shin Tae-yong tidak membuat Victor Dethan pesimistis. Justru, anak muda PSM Makassar itu mengaku akan berjuang sekuat tenaga meyakinkan pelatih asal Korea Selatan agar terpilih ke Piala Dunia U-20 2023.

Bersamaan dengan pemanggilan pemain timnas Indonesia untuk FIFA Matchday melawan timnas Burundi, Shin Tae-yong juga mengumpulkan anak-anak Garuda Muda di Jakarta.

Nantinya, setelah berkumpul dua pekan di Ibu Kota, rombongan timnas U-20 akan terbang ke Korea Selatan. Di Negeri Ginseng, mereka akan menjalani pemusatan latihan selama April 2023. Kemudian, kembali ke Indonesia untuk bertanding di Piala Dunia U-20 2023.

Dari nama-nama yang dipanggil, muncul Victor Dethan. Siapa dia? Berikut ini 4 fakta pemain muda PSM Makassar itu:

1. Pemuda harapan bangsa keturunan Kanada-Indonesia

Victor Dethan lahir di Kupang, Nusa Tenggara Timur, 11 Juli 2004. Posisinya bek, dan telah bermain di Liga 1 2022/2023. Victor Dethan memiliki ayah yang berasal dari NTT, dan ibu yang asli Kanada. Sama seperti Ronaldo Kwateh dan Hugo Samir, Victor Dethan sejak kecil tinggal di Indonesia sehingga tidak butuh naturalisasi.

2. Dari futsal gabung PSM Makassar Jr

Victor Dethan memulai karier dari pemain futsal. Kemudian, menyeberang ke sepakbola ketika bergabung dengan PSM Makassar ada 2019 untuk tampil di Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-16 dan U-18. Berkat aksi bagusnya di level junior, Victor Dethan dapat kesempatan bermain di tim utama Juku Eja oleh pelatih asal Portugal, Bernardo Tavares.

3. Kurang beruntung di timnas U-16 asuhan Bima Sakti

Ada cerita kurang mengenakkan dalam karier Victor Dethan di sepakbola Indonesia. Dia pernah mendapatkan panggilan pemusatan latihan timnas U-16 asuhan Bima Sakti. Tidak tanggung-tanggung, dirinya dua kali dipanggil Bima Sakti untuk TC persiapan Piala AFC U-16 2021.

Dari dua panggilan itu, nasib Victor Dethan kurang beruntung. Pertama, dia mengalami cedera sehingga tidak bergabung pada panggilan pertama. Kedua, dia harus gigit jari tampil di ajang junior Asia karena pandemi Covid-19. Akibat musibah itu, semua turnamen pada 2020 dan 2021 dibatalkan.

4. Bermain 15 kali di Liga 1 2022/2023

Selain Persija Jakarta, PSM Makassar musim ini dikenal sebagai tim Liga 1 yang rajin menerbitkan anak-anak muda untuk tampil di skuad utama. Salah satunya Victor Dethan. 

Victor Dethan menjalani debut pada 29 Juli 2022 saat Juku Eja menghadapi juara bertahan Bali United. Sejak debut yang memuaskan Bernardo Tavares itu, dia terus mendapatkan kepercayaan merumput. Hingga bergabung ke TC Garuda Muda, Victor Dethan sudah bermain 15 kali di Liga 1 2022/2023.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network