Pelatih Malaysia U-22 Sesumbar Raih Emas SEA Games 2023

"Yakin bisa mengalahkan timnya Indra Sjafri?"

Analisis | 04 April 2023, 05:32
Pelatih Malaysia U-22 Sesumbar Raih Emas SEA Games 2023

Libero.id - Kemenangan pada turnamen uji coba di Singapura bertajuk Piala Merlion 2023, pekan lalu, membuat telah membuat pelatih timnas Malaysia U-22, Elangowan Elavarasan, sesumbar. Dia yakin Harimau Muda akan mampu ke final SEA Games 2023 dan menyebut medali emas.

SEA Games tahun ini akan diselenggarakan di Kamboja. Drawing penentuan grup baru diselenggarakan Rabu (5/3/2023). Terbuka peluang Malaysia bertemu Thailand, Indonesia, atau Vietnam.

Meski masih belum tahu siapa yang akan dihadapi, Elangowan Elavarasan menyatakan peluang Malaysia berada di pertandingan terakhir sangat besar. Pelatih berusia 61 tahun itu optimistis setelah Malaysia U-22 sukses mengangkat Piala Merlion 2023 lewat kemenangan 2-1 atas Hong Kong U-22.

"Terakhir kali kami juara pada SEA Games 2011. Sekarang, SEA Games 2023. Sudah pasti target yang ditetapkan oleh Persatuan Sepakbola Malaysia (FAM) sudah tepatm (medali emas)," ujar Elangowan Elavarasan kepada Berita Harian.

Momen manis bersejarah ketika Malaysia terakhir kali meraih medali emas tercipta pada SEA Games 2011 di Indonesia. Ketika itu, tim asuhan Ong Kim Swee mengalahkan Indonesia besutan Rahmad Darmawan. Pertandingan diwarnai insiden pemain-pemain Malaysia yang naik Barracuda.

"Dari sisi lini kepelatihan, tentu kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai KPI (key performance indicator) yang ditetapkan," ujar Elangowan Elavarasan.

Target emas SEA Games 2023 juga diungkapkan untuk membayar kegagalan di SEA Games 2021. Saat itu di Vietnam, Malaysia hanya berada di posisi keempat setelah dikalahkan Indonesia asuhan Shin Tae-yong melalui adu penalti.

"Di SEA Games edisi lalu kami lolos ke semifinal dan finis di urutan keempat. Jadi, tentu saja dengan wajah (para pemain baru), serta susunan kepelatihan yang berbeda, sehingga ekspektasi lebih tinggi dan kami melakukannya lebih baik dari edisi sebelumnya," beber Elangowan Elavarasan.

"Jadi, saya merasa lolos ke final sangat penting bagi kami. Para pemain dan pelatih juga sangat termotivasi untuk mencapainya," pungkas Elangowan Elavarasan.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network