Bukan Infrastruktur, Politik Jadi Alasan FIFA Coret Peru di Piala Dunia U-17 2023?

"Terbaru Presiden Peru terlibat kasus pencucian uang yang masif..."

Analisis | 04 April 2023, 11:21
Bukan Infrastruktur, Politik Jadi Alasan FIFA Coret Peru di Piala Dunia U-17 2023?

Libero.id - FIFA resmi membatalkan status Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Ketidaksiapan infrastruktur menjadi penyebabnya.

Piala Dunia U-17 rencananya digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Peru memenangkan bidding negara host dalam pertemuan FIFA di Shanghai tahun 2019.

Turnamen ini sedianya digelar pada 2021, tapi mundur karena pandemi COVID-19. Hal serupa juga terjadi untuk Piala Dunia U-20 yang ikut diundur ke tahun 2023.

Namun rupanya FIFA tidak jadi menunjuk Peru karena mereka dianggap gagal memenuhi kesiapan infrastruktur setelah hampir empat tahun setelah dinyatakan sebagai host.

"FIFA dengan menyesal telah mencabut hak tuan rumah Peru untuk FIFA U-17 World Cup 2023 setelah diskusi ekstensif antara FIFA dan Federasi Sepak Bola Peru (FPF)," tulis pernyataan resmi FIFA.

"Turnamen tetap dijadwalkan berlangsung dari 10 November hingga 2 Desember 2023, tetapi Biro Dewan FIFA sekarang akan menunjuk tuan rumah baru pada waktunya," sambungnya.

"Langkah ini dilakukan mengingat ketidakmampuan negara tuan rumah memenuhi komitmennya untuk melengkapi infrastruktur yang dibutuhkan untuk menggelar turnamen."

Meski begitu, jika mau ditelusuri lebih dalam, kondisi politik di Peru sendiri sedang tidak baik-baik saja.

Presiden baru Peru, Dina Boluarte kini tengah menjadi sorotan dunia karena ia kerap mendapatkan demo dan banyak kasus yang bermunculan.

Terbaru Jaksa Peru sedang menyelidiki Presiden Dina Boluarte dan mantan presiden Pedro Castillo atas dugaan pencucian uang sebagai bagian dari organisasi kriminal.

FIFA sendiri dengan tegas mengambil sikap tidak akan menggelar suatu turnamen di negara yang tidak kondusif dan hal itu ditenggarai juga menjadi alasan FIFA batal menggelar Piala Dunia U-2023 di Indonesia karena penolakan beberapa kepala daerah soal timnas Israel U-20.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network