Baru 15 Tahun, Momen Arkhan Kaka Jadi Pemain Termuda yang Debut di Liga 1

"Semoga lebih sering dimainkan.."

Berita | 05 April 2023, 16:45
Baru 15 Tahun, Momen Arkhan Kaka Jadi Pemain Termuda yang Debut di Liga 1

Libero.id - Sepulangnya dari Timnas Indonesia U-20 yang resmi dibubarkan karena status tuan rumah Indonesia di Piala Dunia U-20 2023 dicabut oleh FIFA, Arkhan Kaka Putra langsung menorehkan sejarah baru bagi dirinya di Liga Indonesia.

Sejarah itu adalah status pemain debutan termuda. Ya,  Arkhan Kaka Putra mendapat kepercayaan untuk tampil memperkuat Persis Solo dalam lanjutan laga pekan ke-32 BRI Liga 1 2022/23 melawan Persib Bandung.

Laga itu sendiri berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, pada Selasa (4/4) malam WIB. Striker yang membawa Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16 2022 itu masuk menggantikan Irfan Bachdim di menit 70.

Dengan begini, menurut keterangan Persis Solo, anak Purwanto Suwondo ini resmi menjadi pemain termuda yang merasakan debut dalam sejarah era Liga 1.

"Arkhan Kaka menjadi pemain debutan termuda dalam sejarah Liga 1 dengan umur 15 tahun, 7 bulan, 2 hari. Ukir langkah awalmu dengan maksimal, Kaka!" tulis ofisial Persis di sosial media.



Adapun di laga itu Persis Solo kalah 1-3 dari Persib Bandung.

Terlepas dari itu, omong-omong soal pemain termuda, sebelumnya ada nama Dony Tri Pamungkas yang dipercaya oleh Thomas Doll tampil di Liga 1 saat melawan Persita Tangerang pada (28/9/2021) lalu, saat itu pemain yang juga masuk skuad Timnas Indonesia U-20 itu berusia 16 tahun 8 bulan 7 hari.

Lalu ada Ronaldo Kwateh di Madura United, 16 tahun 10 bulan 15 hari, dan Marselino Ferdinan di Persebaya Surabaya 17 tahun 2 hari. Dua pemain terakhir kini berstatus pemain abroad Indonesia.

Arkhan Kaka Putra juga mengungkapkan keinginannya untuk bisa berkarier di luar negeri.

"Saya belum tahu kedepannya, pokoknya berkarier di luar negeri." Katanya saat ditanyai rencana usai Timnas U-20 dibubarkan.

Semoga suatu kelak Arkhan Kaka Putra benar-benar bisa mewujudkan impiannya itu.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network