Profil Nyoman Paul Aro, Dari Lapangan Sepakbola ke Panggung Indonesian Idol

"Penggemar sepakbola lokal pasti kenal pemain ini."

Biografi | 16 April 2023, 15:02
Profil Nyoman Paul Aro, Dari Lapangan Sepakbola ke Panggung Indonesian Idol

Libero.id - Nyoman Paul Aro pernah jadi salah satu pemain keturunan yang dianggap bisa membawa sepakbola Indonesia berkembang. Sayang, itu tidak pernah terwujud. Bahkan, dirinya harus meninggalkan sepakbola lebih dini dan beralih profesi menjadi penyanyi.

Nyoman Paul Aro adalah pemain keturunan Finlandia-Indonesia yang lahir di Denpasar, 23 Juni 2001. Ibunya asli Bali, dan ayahnya asal Finlandia. Keluarga ini kemudian menetap di Swedia.

Sebagai anak Indonesia yang besar di Eropa, Nyoman Paul Aro memilih sepakbola sebagai aktivitas sampingan selain bersekolah. Pada 2016 di usia 15 tahun, dia mampu memembus klub lokal Swedia, Skovde AIK U-19. Empat tahun berselang Nyoman Paul Aro dipercaya memperkuat skuad utama Skodve AIK.

Meski punya karier lumayan di Swedia, Nyoman Paul Aro memutuskan kembali ke Indonesia setelah mendengar wacana PSSI melakukan naturalisasi pesepakbola-pesepakbola keturunan Eropa. Oleh Skovde AIK, Nyoman Paul Aro dipinjamkan ke Barito Putera.

Tapi, sepakbola Indonesia memang berbeda dengan Eropa. Nyoman Paul Aro gagal beradaptasi. Keinginan masuk tim nasional tidal terwujud. Justru, dari Barito Putera, dia pindah ke klub medioker lainnya, Kalteng Putra. Bahkan, dia turun kasta ke Liga 2 memperkuat PSDS Deli Serdang.

Seperti yang kemudian menjadi sejarah, pendemi Covid-19 dan kemudian tragedi Kanjuruhan mengubah segalanya. Liga 1 sempat ditunda dan Liga 2 serta Liga 3 dihentikan total. Nyoman Paul Aro putus asa dan akhirnya putar haluan.

"Saya bermain sepakbola profesional di Indonesia. Tapi, pada musim gugur yang lalu (Oktober 2022), terjadi tragedi di Malang, 135 orang meninggal. Sebenarnya, orang tua saya ingin saya kembali ke Swedia untuk bermain sepakbola," ujar Nyoman Paul Aro dalam wawancara dengan media Swedia, Efter Fem TV4.

Bukannya menuruti permintaan orang tua untuk pulang ke Eropa, Nyoman Paul Aro justru memilih mengikuti audisi Indonesian Idol. "Tapi, saya menerima permintaan untuk berperan dalam sebuah music video karya Rudy Nender. Lalu, dia menemukan bahwa saya bisa bernyanyi," ujar Nyoman Paul Aro.

Nyoman Paul Aro kemudian punya ide yang lebih gila untuk ikut audisiIndonesia Idol 2023. Ternyata, dirinya sukses menjadi finalis ajang pencarian bakat tarik suara bergengsi di Indonesia itu.

"Paul dari Skovde sukses di Indonesian Idol. Saat pandemi melanda, (karier) Nyoman Paul Fernando Aro dari Skovde di Indonesia terhenti. Kini, dia mengikuti kompetisi musik Idol versi Indonesia dan memiliki ratusan ribu penggemar," tulis  Efter Fem TV4 saat memperkenalkan Nyoman Paul Aro.

Unik! Cita-cita terkenal sebagai pemain sepakbola tidak tercapai. Nyoman Paul Aro justru terkenal dalam bidang lainnya.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network