Soal Penampilan Timnas U-22, Robby Darwis Beri Pesan Menohok Jelang SEA Games 2023

"Menurutnya Skuad Garuda Muda kurang bertanggung jawab ketika di lapangan."

Berita | 18 April 2023, 11:37
Soal Penampilan Timnas U-22, Robby Darwis Beri Pesan Menohok Jelang SEA Games 2023

Libero.id - LegendaPersib Bandung dan tim nasional IndonesiaRobby Darwis berharap para pemain timnas U-22 yang akan tampil di SEA Games Kamboja dapat bermain dengan penuh rasa tanggung jawab pada setiap pertandingan yang dimainkan.
 
"Harus ada rasa memiliki untuk bisa dipertanggungjawabkan di lapangan itu. Jadi begitu ke lapangan kita harus menang, kemudian kita juga harus main maksimal sampai 90 menit lah gitu kan. Jangan sampai kendur walaupun kalah atau menang," ujar Robby seperti dilansir dari Antara.
 
Dalam level timnas, Robby tercatat memiliki catatan apik di ajang SEA Games. Ia sukses mengantarkan timnas Indonesia membawa pulang medali emas cabang olahraga sepak bola pada SEA Games 1987 dan 1991. Pencapaian itu belum dapat diukir pemain timnas lainnya sampai saat ini.

Robby tercatat pernah bermain sebanyak 53 kali dengan balutan seragam Merah-Putih dan mencatatkan enam gol. Ia aktif membela timnas pada periode 1987 sampai 1997.
 
Robby sendiri menilai kualitas timnas Indonesia tidak turun drastis meski telah lama gagal meraih prestasi internasional. Namun menurut pria 58 tahun itu, negara-negara Asia Tenggara lainnya memiliki keunggulan dalam kompetisi yang lebih berkelanjutan.
 
"Ya sebenarnya Indonesia itu jadi bahan contoh buat mereka, tapi mereka berkompetisinya kontinyu (berlanjut). Itu jadi satu, kontinyu kompetisinya. Keduanya, dia untuk mempersiapkan jauh-jauh hari untuk misalkan event tertentu misalkan SEA Games, Asian Games, dan lain-lain,"
 
Timnas Indonesia U-22 yang saat ini diarsiteki pelatih Indra Sjafri akan berusaha menghapus puasa medali emas selama 32 tahun saat mereka berkompetisi pada SEA Games Kamboja Mei mendatang. Pada fase grup Indonesia berada satu grup dengan tuan rumah Kamboja, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Berita

Artikel Pilihan


Daun Media Network