Profil Marian Mihail, Pelatih Baru PSS Sleman Pengganti Seto Nurdiantoro

"Pelatih yang punya banyak pengalaman. Siapa dia?"

Biografi | 28 April 2023, 04:44
Profil Marian Mihail, Pelatih Baru PSS Sleman Pengganti Seto Nurdiantoro

Libero.id - PSS Sleman menunjuk Marian Mihail sebagai pelatih yang akan menukangi Super Elang Jawa di Liga 1 2023/2024. Pria asal Rumania itu datang ke Stadion Maguwoharjo, Sleman, untuk mengisi tempat pelatih sebelumnya, Seto Nurdiantoro.

Buntut penampilan buruk di Liga 1 2022/2023, manajemen Super Elang Jawa bergerak cepat. Setelah mengamankan tanda tangan Jonathan Bustos dan Esteban Vizcarra, PSS Sleman mengumumkan rombongan pelatih baru. Bukan hanya pelatih kepala, melainkan juga asisten-asistennya.

Selain Marian Mihail sebagai head coach, PSS Sleman menunjuk Bertrand Crasson, Ansyari Lubis, dan Washiyatul Akmal sebagai asisten. Kemudian, Gabriel Dumitrescu sebagai analis pertandingan. Lalu, Dragoș Plopeanu (pelatih kiper), Amiruddin (asisten pelatih kiper), dan Kartono Pramdhan (pelatih fisik).

"Coach Mihail juga pernah menjadi Direktur Teknik (Asosiasi Sepakbola) Rumania. Menurut saya, Marian mempunyai sesuatu yang spesial dengan pengalamannya di dunia sepakbola dan hal tersebut akan membawa PSS bersaing di musim berikutnya," kata Komisaris Utama PT PSS, Rachmat Makkasau, dalam siaran pers resminya.

Marian Mihail akan dibantu pelatih asal Belgia, Bertrand Crasson. "Sebelumnya, Bertrand menjadi asisten pelatih di Swift Hesperange, klub Luxembourg pada musim 2021/2022," ucap Rachmat Makkasau.

"Dengan susunan staf kepelatihan PSS yang baru, saya berharap semoga ini bisa membawa Super Elja terbang lebih tinggi. Saat ini juga kita sedang finalisasi beberapa pemain-pemain baru yang kita usahakan hadir di skuad kami pada musim depan," beber Rachmat Makkasau.

Marian Cucchiaroni Mihail lahir di Brasov, 7 Mei 1958. Dia adalah pelatih sepakbola profesional berkebangsaan Rumania.

Sebelum menjadi juru taktik, Marian Mihail adalah pemain. Posisinya fullback kanan yang memulai karier dari klub junior di kampung halamannya, Brasov pada 1969-1975. Lalu, pada 1975-1976 naik ke skuad utama Brasov. Setelah semusim, dia mendapatkan kesempatan bermain 24 kali di liga dengan mencetak 8 gol.

Sukses di Brasov, karier Marian Mihail berlanjut ke klub yang lebih besar. Pada 1976, dia bergabung dengan Sportul Studentesc Bucharest. Sejak saat itulah dia tidak pernah pindah klub hingga pensiun pada 1992 dengan total 385 penampilan liga dan 6 gol. Jika ditotal, Marian Mihail punya 409 pertandingan liga dengan 14 gol.

Penampilan bagus di klub membawa Marian Mihail ke tim nasional. Sejak 1979 hingga 1987, dia bermain untuk Rumania U-21, Rumania U-23, dan Rumania senior. Di timnas senior, dia punya 5 caps.

Puas sebagai pemain, Marian Mihail gantung sepatu dan langsung beralih profesi menjadi pelatih. Kariernya dimulai dari Sportul Studentesc Bucharest dan Brasov pada 1996-1997. Dirinya sempat menjadi Direktur Teknik klub elite, Steaua Bucharest, pada 1999-2001. Lalu, Direktur Teknik Rumania (2011-2014).

Karier Marian Mihail juga terbentang di luar negeri. Sebut saja klub-klub Timur Tengah seperti Al-Qardaha, Al-Riyadh, Al-Jaish, Al-Jahra, hingga jadi Direktur Teknik di Al-Wahda Abu Dhabi. Dan, sebelum melatih PSS Sleman, Marian Mihail menukangi Dong A Thanh Hoa di Vietnam.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network