Profil Doni Zola, Pelatih Futsal yang Beberkan Grup WhatsApp Anti Shin Tae-yong

"Siapa dia? Simak profilnya berikut ini."

Biografi | 29 April 2023, 14:59
Profil Doni Zola, Pelatih Futsal yang Beberkan Grup WhatsApp Anti Shin Tae-yong

Libero.id - Dalam beberapa hari terakhir, suporter sepakbola Indonesia digemparkan munculnya rumor grup WhatsApp yang berisikan pelatih-pelatih lokal yang benci Shin Tae-yong. Kabar itu pertama kali muncul dari seorang pelatih futsal bernama Doni Zola alias Coach Donzol. Siapa dia?

Pada sebuah wawancara di sebuah podcast Youtube, Doni Zola mengengukapkan sebuah pernyataan yang membuat banyak orang terkejut.

Entah disengaja atau keceplosan, Doni Zola menyatakan ikut dalam sebuah grup WA pelatih-pelatih lokal Indonesia. Pembicaraan yang selalu muncul dalam grup itu adalah tentang Shin Tae-yong. Isinya membahas semua hal negatif tentang pelatih asal Korea Selatan tersebut.

"Waktu Bima Sakti berprestasi dengan timnas U-16, staf pelatih teriak local pride. Ini menarik buat dibahas," ucap Doni Zola. 

"Karena gue punya grup WhatsApp bersama pelatih-pelatih sangat anti-STY. Satu di antaranya karena naturalisasi. Kedua, ngerasa hasilnya gini-gini saja. Artinya mereka punya alasan dong, kenapa mereka menganggap bahwa Shin Tae-yong gagal," tambah Doni Zola.

Potongan wawancara Doni Zola kemudian viral dan mendapatkan beragam respons. Ada yang pro. Tapi, mayoritas kontra. Tak sedikit pula orang yang mencari tahu siapa Doni Zola ini sebenarnya.

Melalui profilnya di LinkedIn, Doni Zola memiliki nama asli Junika Rahmat Ramadhan. Dirinya sering mengisi pelatihan untuk Futsal Clinic dan menjadi konsultan penyelenggara turnamen-turnamen futsal di Indonesia.

Doni Zola memulai karier kepelatihan sebagai pelatih kepala SMP 35 Jakarta selama 7 tahun pada 2003-2010. Dalam masa itu dia mempersembahkan 37 trofi di berbagai ajang.

Kemudian, Doni Zola melanjutkan kiprahnya sebagai asisten pelatih tim Sumatera Barat Futsal dari Januari hingga Agustus 2011. Dia berperan saat membawa tim tersebut menyabet gelar juara Gold Cup Indonesia 2011. Dia juga tercatat sebagai pelatih futsal STIE Bhakti Pembangunan pada Januari 2007-Januari 2012 dengan mempersembahkan 3 gelar Liga Futsal Mahasiswa.

Doni Zola juga menjadi Direktur Futsal BJL 2000 (2016), Direktur Futsal Lampung Angels S One (2017), Direktur Futsal Halus FC (2017-2019). Dirinya juga sempat menangani tim futsal Putra Safin Group (PSG Pati).

Doni Zola sempat mendirikan Jakarta Futsal Foundation, Donzol Tekkers. Dirinya juga memiliki Lisensi Level Satu AFC Futsal. Kini, dirinya menjadi pelatih SSB di Bumi Serpong Damai (BSD). Untuk sepakbola lapangan besar, dirinya sudah mengantongi Lisensi D AFC.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network