Kesampingkan Local Pride! PSS Sleman Boyong Anthony Pinthus, Kiper Timnas Filipina

"Makin rame nih kiper asing."

Feature | 01 May 2023, 20:25
Kesampingkan Local Pride! PSS Sleman Boyong Anthony Pinthus, Kiper Timnas Filipina

Libero.id - BRI Liga 1 2022/23 tidak ada degradasi, paling tidak itu menguntungkan PSS Sleman yang finish di posisi 16 dari 18 klub peserta. Catatan buruk itu cukup untuk membuat klub berjuluk Super Elja berbenah. Merombak skuad mereka habis-habisan. Dimulai dari jajaran pelatih sampai pemain.

Salah satu terobosan yang dibuat oleh PSS Sleman adalah mendatangkan kiper asing bernama Anthony Pinthus.

Kalau pemain non outfield itu sudah biasa, tapi untuk posisi kiper boleh dibilang masih sangat jarang diperkuat oleh pemain asing apalagi yang berasal dari Asia Tenggara.

Dengan begini tak keliru-keliru amat untuk mengatakan kalau PSS Sleman mengesampingkan 'teriakan' local pride beberapa pihak pelatih yang tak senang dengan progam pemain naturalisasi Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Kehadiran Anthony Pinthus tentu membuat persaingan di bawah mistar gawang PSS Sleman jadi lebih menarik.

“Lini pertahanan PSS menjadi perhatian untuk bisa lebih baik lagi, Anthony dan M Ridwan akan membuat kita lebih bersaing. Meskipun usianya masih muda yaitu 25 tahun, Pinthus sudah mendapatkan pengalaman yang banyak baik di timnas maupun level klub,” dilansir dari situs resmi PSS Sleman.

Dan terlepas dari urusan local pride, siapakah sebenarnya Anthony Pinthus?

Profil Singkat Anthony Pinthus

Bernama lengkap Anthony Abadies Pinthus, kiper yang saat berusia 25 tahun itu mengawali kariernya di negeri Swiss bersama Grasshoppers di usia muda.

Selanjutnya, Anthony Pinthus mendapatkan kontrak profesional pertamanya bersama klub Swiss lainnya yakni United Zurich.

Memilki ayah yang berasal dari Swiss dan ibu dari Filipina, Anthony Pinthus akhirnya memilih kewarganegaraan Filipina dan bergabung dengan program Azkals Development Team (ADT), klub yang menaungi pemain muda Timnas Filipina pada tahun 2020 dan berkompetisi di Liga Filipina.

Karir Anthony Pinthus mulai menanjak ketika memperkuat tim United City FC dengan meraih gelar juara serta Golden Gloves pada Liga Filipina di musim 2019/2020 ditambah Copa Filipina di musim 2020/2021.

Pemain yang mengidolai Iker Casillas itu  merupakan salah satu andalan di lini belakang Timnas Filipina. Terbaru, Pinthus mendapat kesempatan menjaga gawang tim berjuluk The Azkals sebanyak dua kali pada gelaran Piala AFF 2022 termasuk saat melawan Timnas Indonesia.

Dengan pengalaman Anthony Pinthus tersebut mampukah dirinya mengamankan posisi utama kiper PSS Sleman? Seperti halnya yang dilakukan Adilson Maringa di Arema FC. Menarik untuk dinantikan.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network