Profil Ernando Ari Sutaryadi, Kiper Timnas U-22 Clean Sheets di SEA Games 2023

"Anak muda Persebaya yang tampil cemerlang di bawah mistar."

Biografi | 06 May 2023, 08:27
Profil Ernando Ari Sutaryadi, Kiper Timnas U-22 Clean Sheets di SEA Games 2023

Libero.id - Penampilan lini belakang timnas U-22 Indonesia sebelum menjalani pertandingan ketiga melawan Timor Leste, Minggu (7/5/2023) cukup bagus. Bahkan, jala Garuda Muda masih perawan berkat penampilan gemilang anak muda Persebaya Surabaya, Ernando Ari Sutaryadi.

Timnas U-22 menjalani dua pertandingan awal Grup A SEA Games 2023 dengan kemenangan 3-0 atas Filipina dan 5-0 melawan Myanmar. Ini hasil yang bagus.

Penampilan memuaskan bukan hanya ditunjukkan pemain-pemain lini depan, melainkan juga belakang. Kuartet bek sangat kokoh. Sementara penjaga gawang bermain solid dengan beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang dari terjangan lawan.

Tentu saja, ini jadi modal yang bagus melawan Timor Leste. Sebab, kemenangan akan membawa Garuda Muda ke semifinal SEA Games 2023.

"Kami mendapat porsi latihan pemulihan. Alhamdulillah seusai kemenangan kemarin, saat ini kondisi saya dan teman-teman tidak ada masalah," kata Ernando Ari Sutaryadi sehari setelah pertandingan melawan Myanmar, dilansir situs resmi PSSI.

Pada laga melawan Myanmar, Ernando Ari Sutaryadi tampil 90 menit. Dirinya bersama Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Bagas Kaffa, Pratama Arhan sukses menjadi tembok kokoh lini belakang. Gawang Indonesia belum pernah kebobolan di dua laga ini dan sudah mencetak 8 gol.

"Kami masih memiliki banyak hal yang harus dievaluasi. InsyaAllah kami akan terus fokus untuk laga selanjutnya melawan Timor Leste. Jangan pernah anggap enteng semua lawan," beber Ernando Ari Sutaryadi.

Ernando Ari Sutaryadi adalah kiper muda dengan kemampuan bagus. Lahir di Semarang, 27 Februari 2002, dirinya justru memulai karier di Kota Pahlawan. Dia bergabung dengan Persebaya Surabaya pada 2018 setelah sukses dengan timnas U-16 di Piala AFF U-16 2018.

Sempat ikut Garuda Select di Inggris, Ernando Ari Sutaryadi kemudian menjalani debut di Bajol Ijo pada 7 April 2021 melawan PSS Sleman pada Piala Menpora 2021. Lalu, pertandingan liga pertamanya dijalani pada 4 September 2021 melawan Borneo FC.

Setelah itu, Ernando Ari Sutaryadi menjadi pemain kunci Persebaya Surabaya. Dalam dua musim terakhir, dia bermain 40 kali di Liga 1. Bahkan, di laga terakhirnya sebelum gabung TC timnas U-22, dia menyelamatkan Persebaya Surabaya dari tendangan penalti pemain Arema FC.

Karier yang moncer tidak hanya dijalani Ernando Ari Sutaryadi di klub. Dia adalah bagian dari timnas U-16 yang menjuarai Piala AFF U-16 2018. Dia juga bermain untuk timnas U-19 di Piala AFF U-19 2018.

Di usia yang masih sangat muda, Ernando Ari Sutaryadi sudah memiliki caps untuk timnas Indonesia. Dia dipanggil untuk play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan. Namanya juga masuk skuad Piala AFF 2020. Debut seniornya terjadi saat Indonesia melawan Laos. 

Kini, layak ditunggu apakah Ernando Ari Sutaryadi akan membantu Garuda Muda merealisasikan mimpi medali emas SEA Games 2023 atau tidak? Sebab, sudah 32 tahun Indonesia hampa kemenangan.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network