Kisah Eksperimen Posisi Fajar Fathur Rahman yang Berhasil di SEA Games 2023

"Dari bek sayap jadi penyerang sayap. Gokil!"

Analisis | 08 May 2023, 01:08
Kisah Eksperimen Posisi Fajar Fathur Rahman yang Berhasil di SEA Games 2023

Libero.id - Selain Marselino Ferdinan dan Ramadhan Sananta yang moncer di SEA Games 2023, timnas U-22 asuhan Indra Sjafri juga sukses memunculkan Fajar Fathur Rahman.  Bahkan, pemain Borneo FC itu telah mencetak 4 gol dan mantap di puncak daftar top skor sementara.

Indonesia memastikan lolos ke semifinal SEA Games 2023 setelah mengalahkan Timor Leste 3-0. Dua gol Fajar Fathur Rahman dan tandukan Ramadhan Sananta cukup membuat Garuda Muda nyaman.

Dengan dua gol yang disumbang, Fajar Fathur Rahman telah memproduksi 4 gol di ajang ini. Gol pertama Fajar Fathur Rahman dicetak ketika timnas U-22 mengalahkan Filipina 3-0. Lalu, ketika menang 5-0 melawan Myanmar.

Uniknya, keberhasilan jebolan timnas U-16 asuhan Fakhri Husaini yang menjuarai Piala AFF U-16 2018 itu bersinar di SEA Games 2023 tak lepas dari eksperimen berani Indra Sjafri. Pasalnya, pemilik nama lengkap Muhammad Fajar Fathur Rahman itu memiliki posisi asli full back kanan.

Saat pertandingan, Indra Sjafri ternyata tidak menampilkan Fajar Fathur Rahman di posisi aslinya. Ketika menghadapi Filipina, anak muda kelahiran Manokwari, 29 Mei 2002, itu dimainkan sebagai penyerang sayap kanan dalam skema 4-3-3. Dia masuk di babak kedua menggantikan Jeam Kelly Sroyer.

Meski mengisi pos Jeam Kelly Sroyer, fakta justru menunjukkan Fajar Fathur Rahman bermain di posisi Witan Sulaeman, di kiri. Sebab, di posisi kanan ditempati Irfan Jauhari. Terbukti, gol Fajar Fathur Rahman lahir di posisi kiri.

Selanjutnya, pada pertandingan melawan Myanmar, Fajar Fathur Rahman masuk starting line-up. Dia ada di posisi kanan depan dan harus bekerja sama dengan Bagas Kaffa yang menggantikan Ilham Rio Fahmi. Hasilnya, gol kembali diciptakan Fajar Fathur Rahman.

Puas dengan dua penampilan awal, Fajar Fathur Rahman kembali masuk starting line-up melawan Timor Leste di posisi sayap kanan. Kali ini, dirinya bekerja sama dengan Ilham Rio Fahmi. Hasilnya, dua gol mampu dihasilkan.

Kini, kiprah pemain jebolan Garuda Select itu ditunggu di semifinal. Pasalnya, pertandingan semifinal jauh lebih perlu dipersiapkan daripada duel terakhir melawan Kamboja. Sebab, jika Indonesia kalah di semifinal, mimpi meraih medali emas SEA Games 2023 otomatis menguap.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network