Viral! Netizen +62 Bongkar Keanehan Chourng Meng dan Kamboja di Bulutangkis SEA Games 2023

"Mau tertawa, tapi takut dosa..."

Viral | 11 May 2023, 13:18
Viral! Netizen +62 Bongkar Keanehan Chourng Meng dan Kamboja di Bulutangkis SEA Games 2023

Libero.id - Selain infrastruktur pertandingan yang ala kadarnya, tuan rumah SEA Games 2023, Kamboja, juga dicurigai melakukan berbagai kecurangan dan keanehan untuk bisa mendulang medali emas sebanyak mungkin. Salah satunya diungkap netizen +62 terkait altet bulutangkis putri, Chourng Meng.

Demi mendulang medali emas dan bisa memuncaki klasemen SEA Games 2023, kontingen Kamboja disinyalir melakukan cara-cara curang yang merugikan pesaingnya.

Salah satu cabang olahraga yang terindikasi kuat melalukan praktik kurang sportif adalah bulutangkis, khususnya di nomor beregu campuran. Alih-alih mempercayakan atlet sendiri untuk berkompetisi, negara yang memang tak punya tradisi bulutangkis itu disebut menggunakan jasa pebulutangkis China, Chourng Meng.

Rumor tersebut coba ditelusuri kebenarannya oleh seorang netizen +62 dengan akun Twitter @ferguzooooo. Layaknya detektif yang bertugas memecahkan kasus, netizen tersebut mulai mengumpulkan kepingan-kepingan kejanggalan.

Dalam cuitan @ferguzooooo menceritakan keanehan ketika Chourng Meng bertanding. "Setiap Meng bertanding tidak ditampilkan atau disorot oleh kameramen hingga final Mixed Team berakhir. Setiap kemenangan pertandingan oleh Meng tidak dipost oleh akun Twitter @Badiminton_Asia".

"Kronologis: SEA Games 2023 badminton, dipertandingkan Mixed Team. Peserta Mixed Team hanya Kamboja, Laos, Brunei, Myanmar, dan Timor Leste. Salah satu pemain putri Kamboja, Chourng Meng dicurigai adalah pemain China (Zhoung Meng), Silver Medalist WJC 2019," tulis @ferguzooooo

Dari cuitan tersebut, didapatkan fakta Chourng Meng tidak diketahui pernah naik podium ketika berhasil mengalahkan lawannya. Bahkan, Chourng Meng tidak melakukan selebrasi bersama tim ketika mengalahkan lawan.

Ketika terciduk kameramen, Chourng Meng kemudian malah diarahkan oleh seseorang untuk keluar dari lapangan.

Jika mengacu pada nama dan wajah, banyak dugaan muncul kalau Chourng Meng memang bukan dari Kamboja. Nama dan wajahnya lebih mirip orang China, Jepang, Korea, dan sekitarnya. Jauh dari kesan orang Kamboja, Thailand, atau Asia Tenggara lainnya. 

Tak sampai di situ saja, ada beberapa netizen Cina yang memposting foto Chourng Meng di sebuah laman Weibo. Tak lama berselang lama postingan tersebut hilang.

Hal ini tentunya membuat netizen +62 mengangkat alis dan bertanya-tanya. "Kasian ya Chou Meng. Udah namanya diganti Chourng Meng. Skornya sengaja ga dipost di BA. Trus main berdarah2 di 2 nomor WD XD, menang semua, dapetin Emas buat Kamboja. Eeh giliran selebrasi juara ditarik keluar lapangan, mana ga keliatan di podium. Berasa pemain gelap beneran," tulis @alfianto_ian.

"Kemenangan Kamboja di Mixed Team disambut meriah di Indonesia. Hal itu karena satu nama yaitu Chourng Meng yang diyakini merupakan orang yang sama dengan Zhou Meng. Jadi, masalah karena setelah penyelidikan netizen, kesan Chourng Meng disembunyikan makin kuat," tulis @putrategar2709.

"Akhirnya nemu video selebrasi Kamboja yang bisa dibagikan. Sepertinya ini jawaban kenapa Chourng Meng gak ikut naik podium. Belum kelar selebrasi sudah ditarik, dipisahkan dari timnya. Sempat salaman dengan umpire & menghampiri lawannya, kemudian pergi," beber @Anonim_1313.

Kesimpulannya, nomor yang dipertandingan mencurigakan. Begitu pula salah satu pemain yang bertanding. Ada-ada saja!

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network