Profil Robi Darwis, Pemuda Persib Pemilik Lemparan ke Dalam Mirip Pratama Arhan

"Lemparan ke dalam ala Pratama Arhan sedang tren di Indonesia."

Biografi | 19 May 2023, 03:46
Profil Robi Darwis, Pemuda Persib Pemilik Lemparan ke Dalam Mirip Pratama Arhan

Libero.id - Sejak Pratama Arhan muncul dengan lemparan ke dalam yang khas, banyak pemain Indonesia mempelajari teknik ala Rory Delap tersebut. Salah satunya, Robi Darwis. Pemain muda Persib Bandung dan timnas Indonesia U-20 itu juga punya kemampuan lemparan gokil.

Robi Darwis mencuri perhatian pendukung timnas Indonesia pada 14 September 2022 ketika membela timnas U-20 menghadapi Timor Leste pada laga perdana Kualifikasi Piala AFC U-20 2022.

Pada pertandingan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Garuda Muda menang 4-0. Robi Darwis memegang peran penting. Dia berkontribusi pada dua gol timnas asuhan Shin Tae-yong. Dia menyumbangkan assist dalam salah satu gol Hokky Caraka dan gol penutup Rabbani Tasnim.

Selain penampilan itu, para pendukung timnas Garuda kagum dengan kemampuan lemparan ke dalam Robi Darwis. Sebab, itu mengingatkan pendukung pada Pratama Arhan.

Kekaguman itu wajar. Pasalnya, keberanian Robi Darwis melakukan lemparan ala Rory Delap itu sudah sering dilakukan bersama Persib Bandung. Dia merupakan salah satu pemain muda Maung Bandung yang dipromosikan ke skuad utama di era kepelatihan Robert Alberts.

Nama Robi Darwis sekilas mirip dengan Legenda Persib Bandung, Robby Darwis. Wajar jika namanya persis, meski tidak memiliki hubungan darah. Sebab, Robby Darwis merupakan inspirasi bagi banyak orang tua di Jawa Barat untuk memberi nama anaknya.

Lahir di Cianjur, 2 Agustus 2003, Robi Darwis memiliki postur 170 cm. Posisi aslinya gelandang bertahan. Tapi, beberapa kali Shin Tae-yong memainkannya sebagai full back maupun bek tengah.

Itu tidak masalah karena Robi Darwis memang mencintai permainan ini. Kecintaan Robi Darwis pada sepakbola sudah diulai sejak kanak-kanak. Kemudian, Robi Darwis masuk Akademi Persib Bandung dan bermain untuk klub satelit, Bandung United, di Liga 2.

Ketika berusia 18 tahun, Robi Darwis naik kelas ke tim utama Maung Bandung setelah sempat menjalani trial di bawah pengawasan langsung Robert Alberts.

Bersama Persib Bandung, Robi Darwis telah melewati serangkaian pertandingan kompetitif. Mulai dari Piala Presiden 2022 hingga Liga 1 2022/2023. Berdasarkan laman Transfermarkt, harga pasaran pemain muda Indonesia ini mencapai Rp434,54 juta.

Harga itu sebenarnya bisa naik lebih tinggi jika Indonesia jadi menyelenggarakan Piala Dunia U-20 2023. Pasalnya, dengan kemampuan lemparan dalam keren ala Pratama Arhan dan Rory Delap, penampilan Robi Darwis di timnas U-20 akan menarik perhatian banyak pemandu bakat.

Sayang, Piala Dunia U-20 batal dan timnas U-20 harus bubar jalan. Kini, setelah musim 2022/2023 berakhir, Robi Darwis fokus menjadi pemain utama Persib Bandung untuk mengintip peluang main di timnas senior.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network