Keributan Final SEA Games 2023 Tengah Diselidiki AFC, Issara Sritaro dan Indra Sjafri Bisa Kena Sanksi?

"Seharusnya semua berjalan baik-baik saja, namun karena tersulut emosi jadi kacau."

Analisis | 19 May 2023, 08:46
Keributan Final SEA Games 2023 Tengah Diselidiki AFC, Issara Sritaro dan Indra Sjafri Bisa Kena Sanksi?

Libero.id - Simak potensi hukuman yang dapat diterima kubu Indonesia dan Thailand dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Kedua tim tersebut sempat ribut di final SEA Games 2023.

Final sepak bola SEA Games 2023 mempertemukan Timnas Indonesia U-22 vs Thailand. Duel antara kedua tim tersebut digelar di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023) malam WIB.

Di laga tersebut, kedua tim sempat bermain imbang 2-2 hingga akhir waktu normal pertandingan. Laga tersebut berlanjut ke babak perpanjangan waktu. Pada akhirnya, Timnas Indonesia U-22 menang dengan skor 5-2.

Kemenangan di laga tersebut membuat Timnas Indonesia U-22 berhak meraih medali emas SEA Games 2023. Namun demikian, terdapat momen menarik di laga tersebut, yaitu keributan di pinggir lapangan yang melibatkan ofisial Timnas Indonesia U-22 dan Thailand.

Momen tersebut terjadi ketika Skuad Garuda Muda mencetak gol di babak tambahan waktu. Pada saat itu, Manajer Timnas Indonesia U-22, Sumardji, menjadi korban pemukulan dari ofisial Thailand. Sumardji sampai jatuh tersungkur ketika dikerubuti sejumlah ofisial Timnas Thailand.

Belum lama ini, Reuters melaporkan bahwa AFC sedang menyelidiki insiden tersebut. AFC mengaku kecewa dengan insiden keributan yang melibatkan kubu Indonesia dan Thailand di laga final SEA Games 2023.

“AFC kecewa dengan insiden tidak tertib di final sepak bola SEA Games. AFC menggarisbawahi pentingnya laga yang adil, saling menghormati dan menjunjung sportivitas, dan (AFC) mengambil pendekatan tanpa toleransi terhadap semua tindakan kekerasan semacam itu,” ujar seorang juru bicara AFC.

Terbaru, salah satu media Vietnam, VN Express, sudah menanyakan kepada AFC hukuman apa yang mungkin akan diterima Indonesia dan Thailand. Hukuman yang mungkin dijatuhkan AFC berupa denda dan larangan tampil dari kompetisi.

“Meskipun medali emas SEA Games 2023 Indonesia tidak akan dicabut, para pemain dan staf pelatih yang terlibat keributan akan didenda. Mereka juga akan dilarang tampil di kompetisi,” bunyi pernyataan dari VN Express dilansir dari Thairath, Jumat (19/5/2023).

Kita lihat saja hukuman apa yang akan dijatuhkan AFC kepada Indonesia dan Thailand terkait keributan di laga final SEA Games 2023. Pencinta sepak bola Tanah Air tentu berharap hukuman yang dijatuhkan ke kubu Indonesia tidak berat.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network