Apa Kabarnya? Termasuk Pratama Arhan, 6 Pemain ASEAN di J.League 2023

"Sudah setengah musim berjalan, bagaimana statistik mereka?"

Feature | 21 May 2023, 18:03
Apa Kabarnya? Termasuk Pratama Arhan, 6 Pemain ASEAN di J.League 2023

Libero.id - Liga Jepang adalah kompetisi terbaik di Asia. Mereka punya pemain kelas dunia. Klubnya juga berjaya di Liga Champions Asia. Lulusannya bermain di banyak klub Eropa. Itu membuat kompetisi Negeri Sakura menjadi primadona banyak pemain Asia Tenggara. Musim ini, ada 6 pemain ASEAN di J.League.

J.League merupakan nama resmi kompetisi profesional Jepang. Liga ini dibagi tiga kasta. J1 League, J2 League, dan J3 League. Dibawahnya ada Japan Football League (JSL) dan Japan Regional League (JRL).

Sejak lama, pemain-pemain dari Asia Tenggara telah bermain di kompetisi Jepang. Indonesia misalnya, pada 1980-an pernah mengiriman Ricky Yakobi. Di era modern, ada nama-nama seperti Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly. Bahkan, Andik Vermansah sempat trial di Venforet Kofu.

Selain Indonesia, pemain-pemain dari Thailand juga menghiasi kompetisi sepakbola Jepang. Ada juga Vietnam serta Filipina.

Nah, berikut ini kabar 6 pemain ASEAN di J.League musim ini:

1. Pratama Arhan (Tokyo Verdy)

Pratama Arhan adalah pemain muda Indonesia yang merumput di Tokyo Verdy. Bek sayap kiri itu baru saja membawa timnas Indonesia U-22 mendapatkan medali emas SEA Games 2023. Sayang, kegemilangan di tim nasional tidak terjadi bersama Tokyo Verdy. Sebab, Pratama Arhan belum pernah bermain di J2 League.

2. Ryu Nugraha (Nagano Parceiro)

Ryu Nugraha adalah pemain Indonesia kelahiran Jepang. Saat ini, dirinya tercatat sebagai penjaga gawang klub J3.League, Nagano Parceiro. Itu merupakan klub termpatnya dibesarkan dan dilahirkan. Sebelumnya, Ryu Nugraha sempat berseragam Fukui United yang berlaga di Hokushin'etsu Football League (HFL) atau setara Divisi IV.

3. Chanathip Songkrasin (Kawasaki Frontale)

Chanathip Songkrasin adalah pemain Thailand yang membela Kawasaki Frontale. Mengikuti jejak Teerasil Dangda, gelandang mungil itu cukup konsisten di J1 League. Dirinya sudah 6 musim bermain di Liga Jepang. Sebelumnya, dia merumput dengan Hokkaido Consadole Sapporo.

Bersama Hokkaido Consadole Sapporo, Chanathip Songkrasin bermain pada 2017-2020 dengan 115 penampilan, 14 gol, dan 20 assist. Lalu, sejak awal musim 2022, dia membala Kawasaki Frontale. Setelah bermain 16 kali musim lalu, Chanathip Songkrasin sekarang baru merumput 2 kali.

4. Supachok Sarachat (Hokkaido Consadole Sapporo)

Supachok Sarachat adalah pemain Thailand yang didatangkan Hokkaido Consadole Sapporo dari Buriram United pada 2022. Dia didatangkan sebagai pengganti Chanathip Songkrasin, dan disodori kontrak kerja 4 tahun.

Sayang, performa gemilang Chanathip Songkrasin dengan Buriram United tidak berlanjut ke Jepang. Musim lalu, dia hanya tampil 7 kali dan menyumbangkan 3 assist. Untuk musim ini, dirinya sudah bermain 5 kali untuk Hokkaido Consadole Sapporo di J1 League atau total 8 pertandingan semua ajang.

5. Nguyen Cong Phuong (Yokohama FC)

Nguyen Cong Phuong adalah pemain asal Vietnam yang diharapkan mengikuti jejak sukses Chanathip Songkrasin di Jepang. Dia dikontrak Yokohama FC pada awal musim 2023 dari Hoang Anh Gia Lai. Tapi, hingga J1 League akan memasuki pertengahan musim, Nguyen Cong Phuong tidak pernah bermain.

Ini unik karena Yokohama FC bukan klub luar negeri pertama Nguyen Cong Phuong. Sebelumnya, dia sempat dipinjamkan ke Mito HollyHock (Jepang), Incheon United (Korea Selatan), dan Sint-Truiden (Belgia).

6. Jefferson Tabinas (Mito HollyHock)

Jefferson Tabinas adalah pemain blasteran Filipina-Ghana. Tapi, sejak kecil, keluarganya tinggal di Jepang. Bahkan, Jefferson Tabinas lahir dan besar di Shinjuku, Tokyo. Dirinya juga mengawali karier profesional bersama klub J1 League, Kawasaki Frontale. Tapi, dia tidak dapat kesempatan bermain sehingga harus pindah ke Mito HollyHock

Keputusan yang tepat karena Jefferson Tabinas menjadi salah satu pemain kunci Mito HollyHock. Sejak 2021 hingga hari ini, dia telah bermain 66 kali dengan mencetak 2 gol.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network