Bukan Vietnam dan Thailand, Pratama Arhan dkk Bisa Jumpa Malaysia di Kualifikasi Piala AFC U-23

"Ada yang unik dari pembagian pot drawing. Apa itu?"

Analisis | 23 May 2023, 03:06
Bukan Vietnam dan Thailand, Pratama Arhan dkk Bisa Jumpa Malaysia di Kualifikasi Piala AFC U-23

Libero.id - Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) telah merilis pot untuk drawing Kualifikasi Piala AFC U-23 2024. Sebagai satu dari 11 tuan rumah, timnas Indonesia U-23 akan terhindar dari rival regional, Vietnam dan Thailand. Tapi, peluang bertemu Malaysia cukup besar.

Kualifikasi Piala AFC U-23 2024 akan bergulir pada 4-12 September 2023. Itu bertepatan dengan FIFA Matchday edisi September 2023. Itu berarti, negara-negara rival Garuda Muda bisa menggunakan skuad terbaiknya, termasuk pemain-pemain yang berbasis di luar negeri.

Nantinya, ada ada 11 negara yang akan menjadi tempat penyelenggara pertandingan Kualifikasi Piala AFC U-23 2024. Selain Indonesia, 10 negara lain yang menjadi tuan ruma Kualifikasi Piala AFC U-23 2024 adalah China, Korea Selatan, Bahrain, Yordania, Arab Saudi, Kuwait, Thailand, Uzbekistan, Vietnam, dan Tajikistan.

Semua tuan rumah masuk pot khusus yang tidak mungkin saling bertemu. Itu berarti semifinal dan final SEA Games 2023 tidak akan mungkin terulang dalam waktu dekat.

"Ada 11 tim yang akan menjadi tuan rumah, yang akan ditempatkan di pot yang sama dan diundi ke dalam grup terpisah di awal kompetisi," bunyi pernyataan resmi AFC di situsnya.

Meski tidak akan bertemu Vietnam dan Thailand, calon lawan Indonesia tetap akan berat. Sebab, dalam pembagian pot drawing Kualifikasi Piala AFC U-23 2024, AFC juga merilis 4 pot lain. salah satunya di pot 1 yang berisi tim-tim kuat seperti Jepang, Australia, Irak, Turkmenistan, Uni Emirat Arab.

Kemudian, di pot 2, ada Iran, Malaysia, Myanmar, Kamboja, Suriah, India, dan Singapura. Lalu, pot 3, ada Kyrgysztan, Palestina, Yaman, Timor Leste, Taiwan, Lebanon, Laos, Bangladesh, Hong Kong, China, Maladewa, dan Oman. Terakhir, pot 4 yang dihuni Mongolia, Filipina, Afghanistan, Brunei Darussalam, Korea Utara, Guam, Makau, Pakistan, dan Qatar.

AFC nantinya akan melakukan pengundian grup untuk Kualifikasi Piala AFC U-23 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (25/5/2023).

Lalu, apa maknanya? Timnas U-23 memiliki potensi melawan Malaysia, Jepang, atau Australia. Selain itu, dengan Kualifikasi Piala AFC U-23 2024 yang digelar pada FIFA Matchday, Indra Sjafri berpotensi tidak bisa menggunakan sejumlah nema pemain senior.

Sebaliknya, calon lawan Indonesia seperti Malaysia telah memastikan akan menggunakan pemain abroad saat Kualifikasi Piala AFC U-23 2023. Itu seperti Luqman Hakim dan Nooa Laine

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network