Indonesia vs Argentina di FIFA Matchday, Untung atau Rugi? Inilah Analisisnya

"Kalian tim yang pro atau kontra nih gaes.."

Analisis | 23 May 2023, 21:27
Indonesia vs Argentina di FIFA Matchday, Untung atau Rugi? Inilah Analisisnya

Libero.id - Laga FIFA Matchday Juni mendatang yang mempertemukan Indonesia vs Argentina akan jadi tontonan yang menarik dan tentu menyedot minat ribuan suporter dan pencinta sepakbola tanah air untuk berbondong-bondong datang langsung ke stadion.

Mendatangkan Lionel Messi dengan status juara Piala Dunia 2022 pastinya butuh uang yang banyak. Milliaran. Bayangkan jika uang itu dipakai untuk menggelar turnamen usia dini dan sebagainya.

Maka pertanyaannya adalah, apakah mendatangkan tim peringkat 1 FIFA itu menguntungkan atau justru merugikan bagi PSSI, bagi Timnas Indonesia?



Keuntungan pertama yang didapat Skuad Garuda adalah nilai promosi. Laga Indonesia vs Argentina bisa jadi penanda bagus sepak bola Indonesia di mata internasional.

Usai Tragedi Kanjuruhan dan batalnya Piala Dunia U-20 2023, melawan tim sekelas La Albiceleste tak ubahnya menyampaikan pesan kepada dunia bahwa Indonesia merupakan bagian dari sepakbola internasional. Indonesia pasti akan dipercakapkan secara luas.

Keuntungan kedua, berkenaan dengan point yang pertama lagaIndonesia vs Argentina bisa menjadi batu loncatan untuk  menjadi sarana bagi PSSI untuk menjalin kemitraan dengan federasi sepak bola top lainnya.

Pada masanya Indonesia pernah melawan Belanda dan Uruguay. Dan kesuksesan penyelenggaraan laga melawan Argentina bisa menjadi tolak ukur bagi PSSI untuk lebih sering mendatangkan tim kelas dunia. Ini soal networking.

Keuntungan ketiga, Shin Tae-yong bisa menjajal Skuad pilihannya untuk Piala Asia 2023 yang akan digelar pada awal Januari mendatang. Apalagi mengingat ada nama-nama pemain keturunan yang belum merasakan debut seperti Sandy Walsh dan Shayne Pattynama, atau bahkan jika perpindahan federasi Ivar Jenner dan Rafael Struick sudah rampung juru taktik asal Korea Selatan itu juga bisa memadukan mereka dengan pemain-pemain lokal baik yang berstatus abroad atau bermain di Liga Indonesia.

Sementara itu kerugiannya antara lain Timnas Indonesia berpotensi besar kehilangan point FIFA Matchday. Namun ini bisa disiasati jika di laga melawan Timnas PalestinaMarselino Ferdinan dan rekan-rekan bisa menang.


Itulah sekilas untung rugi yang didapat Skuad Garuda dalam melakoni laga melawan Timnas Argentina.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network