Ada Pemilik Lemparan ke Dalam Pratama Arhan, 5 Pemain SEA Games 2023 di Timnas Indonesia

"Mereka sudah jadi andalah Shin Tae-yong sejak lama."

Feature | 27 May 2023, 19:46
Ada Pemilik Lemparan ke Dalam Pratama Arhan, 5 Pemain SEA Games 2023 di Timnas Indonesia

Libero.id - Daftar pemain timnas Indonesia untuk FIFA Matchday melawan timnas Palestina dan timnas Argentina sudah diluncurkan. Dari 26 nama, hanya ada 5 jebolan SEA Games 2023. Mereka memang sudah jadi langganan Shin Tae-yong di skuad senior Garuda.

FIFA Matchday edisi Juni akan digelar di Surabaya pada 14 Juni 2023 melawan Palestina. Lima hari kemudian, pertandingan diselenggarakan di Jakarta menghadapi Argentina.

Untuk membuat pasukan Garuda kompetitif, Shin Tae-yong memanggil banyak nama pemain andalannya. Di bawah mistar gawang, ada Syahrul Trisna dari Persikabo 1973, Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya Surabaya), dan Reza Arya Pratama (PSM Makassar).

Kemudian di posisi bek, terdapat Fachruddin Aryanto (Madura United), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons).

Ada lagi Rizky Ridho (Persija Jakarta), Elkan Baggott (Ipswich Town), Edo Febriansah (Persib Bandung), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim), Andy Setyo (Persikabo 1973), Yance Sayuri (PSM Makassar), Sandy Walsh (KV Mechelen), serta Shayne Pattynama (Viking VK).

Di sektor tengah, Shin Tae-yong memanggil Witan Sulaeman (Persija Jakarta), Rachmat Irianto (Persib Bandung), Ricky Kambuaya (Persib Bandung), Saddil Ramdani (Sabah FC), Marc Klok (Persib Bandung), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Yakob Sayuri (PSM Makassar), dan Ivar Jenner (Jong Utrecht).

Dan, untuk depan, ada Stefano Lilipaly (Borneo FC), Dendy Sulistyawan (Bhayangkara FC), Dimas Drajad (Persikabo 1973), serta Rafael Struick (ADO Den Haag).

Itu berarti hanya ada lima pemain timnas U-22 asuhan Shin Tae-yong yang baru saja mendapatkan medali emas SEA Games 2023. Siapa saja mereka? Inilah daftarnya:

1. Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya Surabaya)

Ernando Ari Sutaryadi jadi penjaga gawang yang keren di SEA Games 2023. Clean Sheets selama fase grup, kiper Persebaya Surabaya ini menderita empat gol di semifinal dan final. Tapi, itu bukan masalah karena kualitas lawan yang jauh lebih bagus dari tim-tim di Grup A.

2. Pratama Arhan (Tokyo Verdy)

Pratama Arhan absen di final karena kartu merah. Tapi, jika bukan karena lemparan ke dalam pemain Tokyo Verdy itu, belum tentu Indonesia akan mencapai final SEA Games 2023. Penampilan pemuda asal Blora ini sepanjang fase grup juga layak mendapatkan acungan dua jempol.

3. Rizky Ridho (Persija Jakarta)

Rizky Ridho adalah kapten yang bertanggung jawab memimpin anak-anak timnas U-22 hingga mencapai final. Pemain Persebaya Surabaya yang baru pindah ke Persija Jakarta ini mendapatkan pujian dari pelatih Thailand, Issara Sritaro, karena mampu menjaga emosi rekan-rekannya.

4. Marselino Ferdinan (KMSK Deinze)

Marselino Ferdinan adalah jantung permainan timnas U-22 selama di Kamboja. Pergerakan, umpan, dan eksekusinya jempolan. Dan, sejak lama pemain KMSK Deinze itu memang menjadi andalan Shin Tae-yong sejak masih di timnas U-19 dan timnas U-20.

5. Witan Sulaeman (Persija Jakarta)

Witan Sulaeman gagal bermain bagus dan menghasilkan gol selama SEA Games 2023. Tapi, keberadaan pemain asal Palu itu di starting line-up tidak bisa dibantah lagi. Dia menjadi salah satu pemain kesayangan Indra Sjafri selama perjuangan berat di Kamboja.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network