Dirumorkan ke Indonesia, Pemain Malaysia ini Bakal Main di Kualifikasi Piala AFC U-23

"Konon, dia adalah pemain masa depan Malaysia."

Analisis | 02 June 2023, 05:44
Dirumorkan ke Indonesia, Pemain Malaysia ini Bakal Main di Kualifikasi Piala AFC U-23

Libero.id - Absen di SEA Games 2023 karena tidak mendapatkan izin klub akibat bukan berada dalam kalender FIFA, pemain abroad Malaysia, Luqman Hakim Shamsudin, akan bermain di Kualifikasi Piala AFC U-23 2024.

Dalam beberapa pekan terakhir, muncul kabar sebuah klub papan atas Liga Indonesia berencana memboyong Luqman Hakim untuk menggenapi kuota pemain ASEAN di kompetisi 2023/2024. Pasalnya, karier Luqman Hakim di Belgia dengan Kortrijk atau di Islandia dengan UMF Njardvik tampaknya segera berakhir.

Dengan adanya regulasi baru kuota pemain ASEAN di Liga Indonesia, sejumlah klub anggota PSSI berburu pemain Malaysia, Singapura, Thailand, hingga Filipina. Salah satu yang cukup diminati adalah Luqman Hakim.

Namun, sambil menunggu realitas kabar tersebut, Asosiasi Sepakbola Malaysia (FAM) mengumumkan penyerang berusia 21 tahun itu akan dipanggil Harimau Malaya Muda untuk Kualifikasi Piala AFC U-23 yang akan berlangsung 4-16 September 2023 di Thailand.

Bersama Nooa Laine dari klub Finlandia, SJK, Luqman Hakim dipastikan masuk skuad Elavarasan. Izin sudah didapatkan dari klub, dan kedua pemain menyatakan berminat. Apalagi, pertandingan itu berlangsung dalam agenda FIFA.

"FAM sudah melakukan kontak dengan Luqman Hakim dan Nooa Laine. Dua pemain ini memang bisa dilepas kali ini. Jadi, FAM berharap skuad Malaysia U-23 bisa membentuk tim yang kuat untuk babak kualifikasi dan lolos ke Piala AFC U-23 tahun depan," ujar Presiden FAM, Datuk Hamidin Mohd Amin, dilansir Vocketfc.

Di babak kualifikasi, Malaysia tergabung di Grup H bersama Thailand, Bangladesh, dan Filipina. Juara masing-masing grup dan empat runner-up terbaik akan lolos ke putaran final di Qatar, tahun depan. Ajang itu merupakan tahapan untuk memperebutkan tiket bermain di Olimpiade Paris 2024.

Selain Kualifikasi Piala AFC U-23, Malaysia juga akan tampil di Piala AFF U-23 2023 di Chonburi, Thailand, pada 17-26 Agustus 2023. Harimau Malaya Muda tergabung di Grup B melawan Indonesia dan Timor Leste.

Namun, seperti halnya Indonesia, Malaysia kemungkinan tampil tanpa pemain utama karena ajang ini terjadi di luar kalender FIFA.

"Harus diingat bahwa turnamen ini (Piala AFF U-23) tidak ada dalam kalender FIFA. Banyak pemain yang tidak akan dilepas (klubnya), sehingga dia (Elavarasan) akan mencoba memanggil pemain yang tidak jadi pilihan utama di klub Liga Malaysia," ungkap Datuk Hamidin Mohd Amin.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network