Profil Sylvano Comvalius, Eks Striker Bali United Kini Jadi Asisten Pelatih AZ Alkmaar

"Penggemar Bali United pasti tahu siapa sosok uang satu ini."

Biografi | 03 June 2023, 06:07
Profil Sylvano Comvalius, Eks Striker Bali United Kini Jadi Asisten Pelatih AZ Alkmaar

Libero.id - Masih ingat dengan Sylvano Comvalius? Striker tajam yang pernah bermain di klub-klub elite Liga Indonesia, yang kiprahnya paling disorot adalah saat menjadi pencetak gol terbanyak Liga 1 2017 bersama Bali United dengan 37 gol dari 34 laga. Kini, dia sudah beralih karier jadi asisten pelatih.

Sylvano Comvalius saat ini baru berusia 35 tahun. Tapi, dia sudah memutuskan pensiun dari lapangan, dan langsung banting stir. Dia ditunjuk sebagai pelatih spesialis striker sekaligus asisten pelatih AZ Alkmaar U-17.

"AZ Alkmaar dan Sylvano Comvalius telah mencapai kesepakatan kontrak hingga pertengahan 2024. Mantan pesepakbola profesional itu akan menjadi asisten pelatih AZ Alkmaar U-17 dan pelatih spesialis di superstruktur," tulis AZ Alkmaar di laman resminya.

Hal itu tak mengejutkan mengingat pemain yang juga sempat membela Arema FC dan Persipura Jayapura itu sudah pernah menukangi AZ Alkmaar U-14 dan AZ Alkmaar U-16. Kini, Sylvano Comvalius akan melanjutkan kiprahnya di level U-17.

Lahir di Amsterdam, 10 Agustus 1987, Sylvano Comvalius tercatat pernah belajar di Akademi Diemen dan Jong Ajax Amsterdam. Kemudian, melanjutkan kariernya bersama FC Omniworld sebelum bergabung dengan Quick Boys. Itu adalah klub-klub di kasta bawah kompetisi Belanda.

Merasa tidak berkembang di Negeri Kincir Angin, Sylvano Comvalius memulai petualangan kariernya di luar negeri. Dia main di Liga Premier Malta bersama Hamrun Spartans pada 2009. Di tahun yang sama bergabung dengan Birkirkara FC dengan hasil juara liga dan pencetak gol terbanyak.

Sukses di Malta membuat Sylvano Comvalius dipinang klub Skotlandia, Stirling Albion, pada 2010. Tapi, kariernya tak bertahan lama.

Dari Skotlandia, karier Sylvano Comvalius nomaden ke banyak klub. Sebut saja Al Salmiya (Kuwait), Atyrau (Kazakhstan), Fujian Smart Hero (China), Eintracht Tire, Dynamo Dresden, Hessen Kassel (Jerman), hingga Stal Kamianske (Ukraina). Lalu, ke Bali United.

Pada Liga 1 2017, Sylvano Comvalius membawa Serdadu Tridatu juara dan dirinya mencetak 37 gol. Dia menjadi pemain yang mencetak gol paling banyak dalam satu musim Liga 1, dan rekor itu masih bertahan hingga 2022/2023.

Dari Bali Unitedm Sylvano Comvalius sempat hijrah ke Thai League 1 dengan Suphanburi dan Liga Super Malaysia dengan Kuala Lumpur City. Tapi, tampaknya dia lebih senang di Indonesia sehingga memutuskan membela Arema FC dan Persipura Jayapura.

Setelah Covid-19 melanda, nama Sylvano Comvalius mengilang dari sepakbola Indonesia. Dia kembali ke Eropa sebelum akhirnya pensiun pada 2022.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network