Masalah Klasik, Asisten Shin Tae-yong Ungkap Merosotnya Kondisi Fisik Pemain Timnas Indonesia

"Yang bakal dilawan Palestina dan Argentina. Genjot terus.."

Berita | 07 June 2023, 18:10
Masalah Klasik, Asisten Shin Tae-yong Ungkap Merosotnya Kondisi Fisik Pemain Timnas Indonesia

Libero.id - Asisten pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia yang mengurus persoalan fisik,  Shin Sang-gyu menyebut kondisi fisik para punggawa Skuad Garuda tidak begitu prima.

Padahal tak lama lagi para pemain Timnas Indonesiaakan melakoni dua laga FIFA Matchday yang tidak gampang. Pertama lagaIndonesia vs Palestina bakal tersaji di Stadion Utama Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada 14 Juni mendatang.

Kedua, disusul dengan duel Indonesia vs Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 19 Juni mendatang.

Untuk itulah Dendy Sulistyawan dan rekan-rekan sudah berkumpul sejak 5 Juni lalu untuk menjalani pemusatan latihan.
Meskipun sejauh ini masih banyak pemain yang belum bergabung.

Menyoal kondisi fisik para pemain, pelatih fisik Timnas IndonesiaShin Sang-gyu mengungkapkan kalau kondisi fisik kebanyakan pemain belum optimal lantaran sebagian besar baru libur dari kompetisi. BRI Liga 1 2022/2023 terakhir kali bergulir pada 16 April lalu. Itu artinya sekitar dua bulan para pemain tidak melakukan aktivitas seperti biasanya.

"Memang di pihak kita ada sedikit beban juga sebenarnya masalah kondisi pemain. Seperti yang kami bicarakan tadi mungkin Liga Indonesiasaat ini sedang istirahat," ujar Shin Sang-gyu dilansir dari Youtube PSSI.

Persoalan merosotnya fisik pemain ketika kembali ke Timnas Indonesiamemang jadi masalah klasik tersendiri. Hal ini disebabkan antara lain bedanya intensitas latihan di klub dan Timnas. Juga karena jeda kompetisi dan kedisiplinan pemain dan sebagainya.

"Memang setiap tim ada yang latihan, tetapi pastinya belum sampai tahap normal. Apalagi kita akan menghadapi tim yang bagus, pastinya rankingnya juga jauh di atas kita,"lanjutnya.

Menurut juru taktik berusia 39 tahun tersebut, dengan jarak FIFA Matchday yang dekat sulit untuk bisa mengembalikan kondisi fisik di levek terbaik. Kendati demikian tim pelatih akan terus bekerja keras untuk meningkatkan kapasitas kebugaran pemain.

"Dengan adanya waktu yang sedikit ini pastinya tidak akan bisa meningkatkan fisik sampai maksimal, tetapi sedikit demi sedikit akan meningkat dan kita akan membuat energi pemain bisa menjadi lebih baik," tutupnya.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network