Banyak Kendala, Shin Tae-yong Berharap Lemparan ke Dalam Pratama Arhan Bisa Membantu Indonesia di Laga FIFA Matchday

"Ada yang cedera, pemain absen hingga masalah perizinan klub?"

Berita | 09 June 2023, 08:02
Banyak Kendala, Shin Tae-yong Berharap Lemparan ke Dalam Pratama Arhan Bisa Membantu Indonesia di Laga FIFA Matchday

Libero.id - Timnas Indonesia dilanda berbagai masalah selama persiapan FIFA Matchday Juni 2023 kontra Palestina dan Argentina.

Bahkan, pelatih Shin Tae-yong tak punya target muluk terutama saat menjamu Tim Tango.

Skuad Garuda yang mulai menjalani pemusatan latihan atau training camp (TC) sejak Senin (5/6/2023), diterpa berbagai kendala.

Dari 26 nama yang dipanggil, banyak pemain yang belum hadir dan membuat staf pelatih kesulitan untuk memantau kondisi mereka.

Selain itu, beberapa penggawa Garuda juga mengalami cedera baik saat membela klub maupun ketika berlatih bersama dalam TC di Surabaya.

Jordi Amat dikabarkan cedera saat membela Johor Darul Ta'zim di Liga Super Malaysia, begitu pula dengan Saddil Ramdani yang membela Sabah FC.

Sementara Shayne Pattynama sempat mengalami masalah saat membela Viking FK dalam Piala FA Norwegia beberapa waktu lalu.

Begitu pula Sandy Walsh yang bahkan harus dipapah usai mengalami cedera saat latihan di Surabaya.

Seakan belum berhenti, kabar buruk kembali menghampiri Timnas Indonesia. 

Pelatih Shin Tae-yong menyebut fisik pemain tak cukup baik karena datang setelah libur kompetisi yang cukup panjang.

"Musim kemarin selesai memang libur panjang karena FIFA Matchday, jadi kelihatan tidak baik secara fisik dan keseluruhan. Jadi kami tidak punya banyak waktu untuk tingkatkan fisik pemain, tapi fokus latihan tingkatkan otot pemain dan penguatan," kata Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI.

Pelatih Shin sangat berharap, bagi klub-klub yang belum melepas pemainnya agar segera memberikannya kepada timnas Indonesia. Ini membuatnya kesulitan dalam memantau kondisi pemain.

"Memang, sebenarnya sudah dibicarakan bahwa TC akan dipercepat, pasti klub-klub harusnya lepas. Saya merasa tidak nyaman dan terganggu karena pemain banyak yang liburan, baru ikut juga, jadi kurang fisiknya, saya kurang nyaman," ungkapnya.

Perihal laga FIFA Matchday, Shin Tae-yong pasrah dan tidak berbicara target muluk-muluk. 

Dia hanya meminta pemain untuk fokus pada diri sendiri dan menunjukkan permainan terbaik, terkhusus saat menghadapi Argentina.

"Semua tahu Argentina juara Piala Dunia, saya hanya akan berusaha tingkatkan fisik dan otot pemain biar bisa berusaha semaksimal mungkin di pertandingan nanti, saya hanya berharap pemain bisa ikuti instruksi saya," pungkas Shin Tae-yong.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network