Sang Spesialis Lemparan ke Dalam Pratama Arhan Rupanya Tak Dianggap Sebagai Pemain Asing di Tokyo Verdy, Kok Bisa?

"Ada beberapa alasan kenapa bisa seperti itu..."

Berita | 09 June 2023, 13:00
Sang Spesialis Lemparan ke Dalam Pratama Arhan Rupanya Tak Dianggap Sebagai Pemain Asing di Tokyo Verdy, Kok Bisa?

Libero.id - Pratama Arhan ternyata tak dianggap pemain asing di Tokyo Verdy atau pun Liga Jepang. Sebab, ada peraturan khusus di Liga Jepang mengenai hal ini.

Pratama Arhan baru saja membuat sensasi di ajang Emperors Cup 2023 ketika membantu Tokyo Verdy mengalahkan Thespakusatsu Gunma dengan skor 2-1 pada Rabu 7 Juni 2023 kemarin.

Sebuah lemparan ke dalamnya yang mematikan berujung gol bunuh diri yang memenangkan tim kasta kedua Liga Jepang tersebut.

Arhan sudah menjadi bagian dari Tokyo Verdy sejak Maret 2022 silam. Namun, itu baru menjadi penampilan keduanya di ajang resmi sejak bergabung.

Di sisi lain, nyatanya, Arhan tidaklah dianggap pemain asing di Tokyo Verdy. Hal ini karena di Liga Jepang tidak ada batasan khusus untuk merekrut pemain asing.

Sebelumnya, Liga Jepang sebenarnya memberlakukan pembatasan jumlah pemain asing, yaitu maksimal setiap klub. Namun, peraturan itu ditiadakan pada saat ini.

Tim-tim Liga Jepang diperbolehkan menggaet pemain asing sebanyak mungkin. Namun, maksimal hanya lima yang boleh dimasukkan dalam skuad ketika bertanding.

Kemudian, ada pula peraturan khusus di Liga Jepang bernama J-League Partner Nations (JPN). Ini adalah sebuah kesepakatan antara Liga Jepang dengan beberapa negara yang menjalin kerja sama di ranah sepakbola.

Aturan ini diberlakukan sejak 2021 silam dan Indonesia termasuk di antaranya. Selain Indonesia, ada pula Vietnam, Thailand, Qatar, Malaysia, Kamboja, dan Singapura yang termasuk dalam kesepakatan tersebut.

Oleh karena itu, Pratama Arhan tidaklah dianggap pemain asing di Tokyo Verdy meskipun statusnya adalah Warga Negara Indonesia (WNI). 

Tentu, ini menjadi keuntungan tersendiri bagi para pemain sepakbola Indonesia jika ingin berkarier di Jepang.

Hal ini seharusnya bisa membuka jalan bagi para pesepakbola Indonesia jika ingin berkarier di Negeri Matahari Terbit tersebut.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network