Gagal di Kawasaki Frontale, Chanathip Songkrasin Mudik Ke BG Pathum United

"Semoga tidak diikuti Pratama Arhan.."

Berita | 22 June 2023, 10:02
Gagal di Kawasaki Frontale, Chanathip Songkrasin Mudik Ke BG Pathum United

Libero.id - Perjalanan Chanathip Songkrasin di J1 league alias kasta tertinggi sepak bola Jepang resmi berakhir. Gelandang serang mungil itu mudik ke Thailand dan akan bermain untuk BG Pathum United di musim depan.

“BG Pathum United dengan senang hati mengumumkan bahwa klub telah mencapai kesepakatan untuk transfer gelandang Timnas Thailand Chanathip Songkrasin, dari Kawasaki Frontale untuk musim 2023-2024 mendatang,” tulis pernyataan resmi klub, Kamis (22/6/2023).

Terkahir kali Chanathip Songkrasin bermain di Thai League 1 adalah pada musim 2016 lalu saat masih memperkuat Muangthong United. Berkat performa impresifnya klub Jepang Hokkaido Consadole Sapporo mula-mula mendatangkan Chanathip Songkrasin sebagai pemain pinjaman lalu dipermanenkan.

Bersama Hokkaido Consadole Sapporo, pemain yang kerap kali jadi ancaman ketika berhadapan dengan Timnas Indonesia itu menunjukkan performa yang menjanjikan. Bahkan pemain yang dijuluki sebagai Lionel Messi Thailand ini pernah terpilih masuk dalam J-League Best Eleven 2018 alias  susunan pemain terbaik Liga Jepang. Selama lima musim, sejak 2017 Chanathip Songkrasin mencetak 14 gol dan 22 assist untuk Hokkaido Consadole Sapporo.

Maka dengan itu tak mengherankan kalau klub elite Liga Jepang, Kawasaki Frontale memboyong Chanathip Songkrasin pada awal musim 2022. Sayangnya penampilan Chanathip Songkrasin tak seperti yang diharapkan. Cedera dan persaingan ketat di lini tengah membuat pemain berusia 29 tahun itu bagai kehilangan sentuhan. Melempem.

Menurut catatan Transfermarkt, bersama klub  berjukuk Ao Kuro itu Chanathip Songkrasin hanya bisa mencetak tiga gol dan tiga assist dari 27 laga. Ambisi Chanathip Songkrasin untuk bangkit sepertinya sudah meredup.

Chanathip Songkrasin sendiri menilai kalau sudah tidak relevan lagi di Kawasaki Frontale sampai akhirnya memutuskan untuk menerima tawaran mudik ke Thailand dengan bergabung bersama BG Pathum United.

Dengan begitu kini hanya tersisa segelintir pemain asal Asia Tenggara yang berkiprah di liga Jepang baik di kasta tertinggi atau divisi kedua. Salah satunya adalah bek sayap kiri andalan Timnas Indonesia, Pratama Arhan, yang saat ini memperkuat Tokyo Verdy di J2 League. Ini merupakan musim kedua bagi eks PSIS Semarang itu berkarier di Jepang. Banyak yang berharap agar Pratama Arhan tetap bisa merumput di Negeri Sakura itu.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Berita

Artikel Pilihan


Daun Media Network