Dennis Wise Bisa Jadi Alternatif Tangani Timnas U-17 di Piala Dunia U-17 2023

"Bagaimana kalau Garuda Select yang digunakan, setuju?"

Analisis | 24 June 2023, 02:37
Dennis Wise Bisa Jadi Alternatif Tangani Timnas U-17 di Piala Dunia U-17 2023

Libero.id - Penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 sangat mendadak dan mengejutkan. Itu berarti, PSSI hanya punya waktu 4 bulan untuk mempersiapkan timnas Indonesia U-17 agar tidak tampil ala kadarnya ketika turnamen diselenggarakan.

Tidak ada angin, tidak ada hujan, tiba-tiba FIFA memutuskan menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Indonesia dipercaya lembaga pimpinan Gianni Infantino itu untuk menggantikan Peru yang dicoret karena tidak siap secara infrastruktur menyelenggarakan turnamen pada 10 November-2 Desember 2023.

Bagi Indonesia, ini adalah berkah tak terduga setelah ditetapkan melalui keputusan bersama pada sidang FIFA Council yang digelar di Markas Besar FIFA, Zurich, Swiss, Jumat (23/6/2023). Sebab, Indonesia sama sekali tidak mengajukan diri. Bahkan, PSSI sudah pesimistis setelah pembatalan Piala Dunia U-20 2023.

"Saya hanya bisa mengucapkan rasa syukur dan Alhamdulillah karena FIFA Council mengambil keputusan bersama untuk menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 tahun ini," kata Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, di situs resmi PSSI.

Selain berkah, penunjukan ini juga bisa jadi musibah. Pasalnya, waktu yang dibutuhkan mempersiapkan tim sangat pendek. Di sisi lain, timnas U-17 juga belum terbentuk. PSSI harus segera mengambil sikap tim mana yang akan dikirim. Begitu pula pelatihnya siapa.

Untuk mempekerjakan Shin Tae-yong tampaknya sulit. Sebab, agenda timnas senior akan padat saat Piala Dunia U-17 2023. Sehingga, kemungkinan besar pelatihnya Indra Sjafri atau Bima Sakti.

Namun, PSSI juga punya satu alternatif lain, yang tampaknya jauh lebih masuk akal. Itu adalah memulangkan pemain-pemain Garuda Select. Bukan hanya pemain, melainkan juga jajaran pelatihnya. Maksudnya, menunjuk Dennis Wise dan Des Walker memimpin timnas U-17.

Meski Garuda Select juga diikuti pemain-pemain asing, setidaknya ada beberapa pemain lokal Indonesia yang masih memenuhi syarat tampil di Piala Dunia U-17 2023.

Mereka adalah pemain-pemain kelahiran 2006 ke atas. Sebut saja Hanif Ramadhan, Andre Pangestu, Hafizh Rizkiannur, Rizdjar Nurviat, Gerard Dwiki, Raihan Utama, Nabil Asyura.

Nama-nama itu, bisa digabungkan dengan lulusan timnas U-16 yang juara Piala AFF U-16 2022 seperti Sulthan Zaky, Iqbal Gwijangge, Figo Dennis, Kafiatur Rizky, Femas Crespo, atau Arkhan Kaka. Bahkan, nama terakhir sudah malang-melintang di timnas U-20 yang gagal ke Piala Dunia U-20 2023.

Dengan memanggil pulang Garuda Select yang menyisipkan beberapa nama lulusan timnas U-16, PSSI tidak perlu memulai dari nol lagi. Sebab, di Inggris, Garuda Select terbiasa bermain melawan orang-orang Eropa dengan fisik tangguh. 

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network