Bukan Politik, Ini Kendala JIS Jadi Venue Piala Dunia U-17 2023 Menurut Erick Thohir

"Simak penjelasannya biar gak dikait-kaitkan..."

Analisis | 26 June 2023, 16:11
Bukan Politik, Ini Kendala JIS Jadi Venue Piala Dunia U-17 2023 Menurut Erick Thohir

Libero.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Jakarta International Stadium (JIS) sebagai opsi venue untuk Piala Dunia U-17 yang akan digelar pada November-Desember 2023 mendatang.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir akan meninjau ulang JIS untuk menilai apakah stadion tersebut layak menjadi venue.

"Saya sangat terbuka arahan Bapak Presiden untuk juga beberapa stadion yang memang standarisasinya sudah bisa. Itu yang saya sampaikan kepada bapak presiden. Tentu FIFA akan meninjau ulang. Jangan sampai nanti stadion yang kita usulkan tentu tidak sesuai dengan standardisasi. Termasuk tadi Stadion JIS juga pasti kita akan cek," kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (26/6/2023).

Kendati demikian, Erick mengungkapkan bahwa sebelumnya ada sejumlah catatan yang diberikan FIFA ke JIS saat stadion menjadi opsi venue Piala Dunia U-20.

Salah satunya, kata Erick, adalah akses penonton yang terbatas.

Padahal, menurut Erick, akses penonton merupakan hal yang penting. Sebab, hal itu terkait dengan keselamatan penonton.

"Yang pasti menjadi catatan kemarin kendalanya itu parkir sama akses penonton. Yang harusnya ada empat pintu, baru terbuka satu pintu. Ini yang tentu harus kita antisipasi keselamatan daripada suporter. Jangan sampai suporter tidak pulang ke rumah dengan selamat. Akses-akses ini yang harus dipastikan. Tidak mungkin hanya satu pintu. Ini yang harus kita tinjau di lapangan," tutur dia.

Menteri BUMN itu mengaku sejatinya sudah mendapatkan laporan terbaru terkait JIS. Namun, dia memastikan akan meninjau langsung stadion tersebut bersama Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Saya sudah dapat laporannya sebenarnya tapi tentu nanti bersama Pak Heru sebagai Plt gubernur, kira akan meninjau langsung bersama Pak Basuki juga. Kira kira kekurangan apa yang harus dilengkapi?" ujar Erick.

Selain akses penonton dan parkir, Erick menuturkan, persoalan rumput JIS kala itu menjadi masalah. Menurutnya, FIFA pasti akan memberikan penilaian yang objektif terkait apakah JIS memenuhi standar venue untuk Piala Dunia U-17.

"Saya yakin tidak mungkin FIFA tidak bilang standarnya tidak masuk karena sesuatu hal yang politis, tidak. Tetapi memang standar harus diselaraskan," kata dia.

"Kendala lain yang jadi prioritas FIFA itu rumput. Kemarin kejuaraan sebelumnya aja rumputnya dijahit. Nah ga tau ini dijahit juga atau tidak. Nanti kita cek," imbuh Erick.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network