Astaga! Anggota Exco Ini Ungkap Utang PSSI Era Iwan Bule Capai Rp 100 Millar

"Buset banyak bgt pak"

Berita | 06 July 2023, 21:03
Astaga! Anggota Exco Ini Ungkap Utang PSSI Era Iwan Bule Capai Rp 100 Millar

Libero.id - Kabar mengangetkan datang dari Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, yang menyebut saat ini PSSI memiliki nominal utang yang cukup besar. Bukan ratusan juta melainkan sudah milliar. Juga bukan 1-2 millar melainkan hampir menyentuh Rp 100 miliar.

Sampai-sampai pihak yang dihutangi itu menagih hutang tersebut lengkap dengan berbagai rupa ancaman termasuk upaya untuk mensomasi PSSI kepengurusan Erick Thohir. Hutang itu rupanya 'wariasan' dari kepengurusan PSSI yang sebelumnya di era Iwan Bule.

"Kami saat ini ditagih puluhan miliar utang. Ya, kami 'kan enggak punya utang. Sebelumnya, kami hanya terima ketika dikasih [serah terima jabatan], uang enggak ada, nol, yang ada adalah utang," ungkap Arya kepada wartawan di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (6/7) siang WIB.

Iwan Bule sendiri memimpin PSSI pada periode 2019-2023.

"Waduh, puluhan miliar [jumlah utang]. Kisarannya tipis-tipislah, hampir Rp 100 miliar, tapi enggak sampai segitulah. Sekitar segitu,"  Bebernya Arya.

Berkaitan dengan utang PSSI di era Iwan Bule itu  pada April lalu Save Our Soccer melaporkan salah satu sumber utang PSSI yakni kepada Elite Pro Academy musim 2022/23. Utang itu sekitar  Rp 2,15 miliar  mencakup subsidi klub peserta, gaji match commisioner, gaji volunteer, dan juga lainnya.

Pada bulan yang sama, Erick Thohir menunjuk Ernst & Young untuk melakukan audit forensik atas pencatatan keuangan PSSI. Langkah itu diambil usai adanya permasalahan bonus juara BRI Liga 1 2022/23.

Adapun Arya Sinulingga tak menyebut siapa-siapa pihak yang dihutangi oleh PSSI di era kepemimpinan Iwan Bule.

Semoga saja hal ini tak lagi menimpa PSSI kedepannya, di era kepemimpinan siapapun.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network