Serius Incar Piala Dunia 2026, PSSI Fokus Pada Program Pengembangan Pemain Muda

"Ini yang dikatakan oleh Erick Thohir."

Berita | 07 July 2023, 03:11
Serius Incar Piala Dunia 2026, PSSI Fokus Pada Program Pengembangan Pemain Muda

Libero.id - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) saat ini fokus dalam program pengembangan pemain muda yang diproyeksikan untuk bisa menembus kompetisi Piala Dunia 2026 di AS, Meksiko, dan Kanada.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan di Jakarta, Kamis, bahwa pihaknya sudah memiliki strategi jangka pendek dan jangka panjang untuk bisa memaksimalkan potensi Indonesia mengikuti kompetisi sepak bola paling bergengsi yaitu Piala Dunia FIFA.

"Memang harus punya keberanian, kalau dihujat nggak apa-apa. Yang penting kita punya strategi jangka panjang dan jangka pendek," kata Erick.

Erick menargetkan Indonesia untuk bisa lolos babak kualifikasi Piala Dunia secara bertahap di setiap babak. Mulai dari putaran pertama yang akan dilangsungkan pada Oktober 2023 hingga berakhir pada Oktober 2025.

Menurut Erick, Indonesia masih memiliki peluang untuk lolos kualifikasi Piala Dunia 2026 dikarenakan ada jatah delapan setengah slot bagi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yang bisa bermain di Piala Dunia 2026.

Erick menyebut Indonesia masih memiliki harapan untuk bisa menembus Piala Dunia 2026 jika slot yang disediakan untuk negara asia sebanyak lebih dari delapan slot.

Untuk saat ini, PSSI tengah memprioritaskan pembentukan Timnas U-17 yang akan berlaga di Piala Dunia FIFA U-17. 

Tak main-main, PSSI menyaring pemain-pemain muda terbaik dari sembilan kota Indonesia, sekaligus menyelaraskan seleksi dari program Garuda Select yang sudah bisa terbukti mengalahkan pemain akademi Eropa. 

Selain itu, prioritas lain PSSI adalah kompetisi AFC atau Piala Asia U-23.

Sementara ajang olahraga lain yang akan diikuti oleh timnas sepak bola Indonesia seperti Asian Games 2023 dan AF U-23 tidak dijadikan prioritas oleh PSSI, melainkan untuk pengembangan pemain saja.

Pada pesta olahraga akbar di Asia, yakni Asian Games 2023 di Guangzhou China, timnas sepakbola Indonesia akan menurunkan pemain U-20 alih-alih U-24 sebagaimana regulasi yang sudah ditetapkan. 

Erick Thohir menyebut hal itu untuk pengembangan pemain muda Indonesia untuk persiapan menjadi timnas U-21, U-22, dan seterusnya.

Dia berpendapat bahwa pengelolaan sepak bola Indonesia harus dilakukan dengan strategi agar para pemain tidak dipaksakan bermain terus menerus. 

PSSI berkomitmen dalam mengembangkan pemain sepak bola Indonesia sejak usia muda yang dimulai dari U-17, dan bahkan U-14.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network