10 Pemain Gratisan dari 5 Liga Top Eropa dengan Kualitas Kelas Dunia

Feature | 26 September 2020, 19:53
Kredit: en.psg.fr dan bvb.de

"Mereka bisa digaet tanpa merogoh kocek biaya transfer."

Libero.id - Jendela transfer musim panas 2020-21 masih terus berjalan dan akan berakhir pada 5 Oktober mendatang. Banyak klub yang telah mendapatkan beberapa pemain baru, dan tentu ada banyak pemain yang juga diboyong dengan status free transfer.

Sebutlah nama-nama besar seperti Thiago Silva, Willian, Jan Vertonghen, dan David Silva, dll. Mereka telah menemukan padang rumput baru untuk melanjutkan karir sepakbolanya.

Sementara itu, ada juga pemain dengan nama tersohor yang bisa diambil gratisan. Status mereka bebas transfer. Padahal, sebenarnya nilai pasar mereka masih lumayan.

Mereka masih punya cukup kemampuan mumpuni. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya diikuti nilai pasar mereka.

10. Oumar Niasse:  nilai pasar 3,2 juta pounds

Kredit: evertonfc.com

Oumar Niasse dinilai sebagai salah satu rekrutan terburuk Everton. Ia kerap kali didera cedera dan Niasse tidak pernah menjadi pencetak gol yang produktif, tetapi komitmen dan tekad bermain di atas lapangan hijau membuatnya dikagumi banyak orang di Goodison Park.

Niasse baru berusia 30, dan selama ini ia bermain dengan cara berpindah-pindah klub, mulai dari Lokomotif Moscow, dimana ia pada saat itu menjadi pemain terbaik di Liga Rusia, kini penyerang asal Senegal itu dipinjamkan ke Cardiff City.
Kabar terbaru dari majalah olahraga lokal Kayseri Haber,  Niasse bakal balik ke klub yang telah membesarkan namanya di Liga Turki, Akhisar Belediyespor.

9. Aleix Garcia:  3,2 juta euro

Raksasa Liga Turki, Galatasaray telah menunjukkan ketertarikan pada diri seorang Aleix Garcia. Pemain yang diboyong Manchester City pada tahun 2015 itu kini jadi sosok yang terasing di klub biru Manchester. Bahkan musim pertamanya, Garcia hanya bermain dalam 1 pertandingan. Ia kemudian dipinjam lalu dijual ke Girona dan klub lokal liga Belgia, Royal Excel Mouscron, dan pesepakbola asal Spanyol itu sekarang tanpa klub.

Dan Galatasaray benar-benar serius akan mendatangkan Garcia karena mereka ingin memperkuat lini tengah. Garcia sebetulnya bukan pemain yang buruk-buruk amat, ia merupakan pemain dengan spesialis bola mati, punya kecenderungan untuk menembak dari jarak jauh.

Garcia juga berguna dalam  situasi permainan link-up sebab ia bisa dengan cepat memindahkan bola, ia juga tertib dalam bertahan.

8. Eric Maxim Choupo-Moting: 4 juta euro

Kredit: en.psg.fr

Eric Choupo-Moting mengejutkan banyak pihak ketika ia pindah dari Stoke City dan yang memboyong ialah PSG, itu terjadi pada musim 2018. Dimana PSG tengah mengumpulkan pemain-pemain dengan nama besar dan kemampuan sepakbola yang luar biasa.

Tapi bersama PSG tak banyak yang bisa dilakukan pesepakbola 31 itu, namun ada satu momen emas yang Eric Maxim persembahkan, ketika ia membawa PSG ke semifinal Liga Champions 2019-20, Eric Maxim mencetak di menit-menit akhir saat melawan Atalanta.

Tapi tampaknya pemain timnas Senegal itu tidak cukup meyakinkan para Parisiens untuk memperpanjang masa tinggalnya di ibu kota Prancis. Meskipun ia tidak pernah menjadi pencetak gol yang produktif, tetapi tingkat kerja, jangkauan umpan, dan kecepatannya adalah atribut utama yang sewaktu-waktu dapat diandalkan.
Klub yang berminat untuk meminang Eric Maxim sejauh ini datang dari Serie-A Italia yakni Torino.

7. Fabio Borini : 4 juta euro

Fabio Borini mungkin gagal memenuhi ekspektasi ketika berseragam Liverpool, tetapi di masa-masa berikutnya bersama Milan dan Hellas Verona, ia mulai tampil membaik, Borini telah menunjukkan bahwa dia masih memiliki banyak hal sebagai nilai lebih.

Fabio Borini jadi salah satu pilar penting di Verona musim lalu, ia membantu klub nya itu untuk finish di urutan kesembilan.

Sepanjang musim 2019-2020, pemain sayap asal Italia itu bahkan mencetak beberapa gol kunci untuk Verona, termasuk menyamakan kedudukan saat melawan  Juventus dalam kemenangan 2-1 yang diraih secara comeback.

Borini adalah pemain serba bisa, dengan segenap pengalaman bermain di klub elit Eropa ia memang patut jika diminati oleh Fiorentina.
 
6. Hatem Ben Arfa: 4 juta euro

Hatem Ben Arfa kerap dikritik karena kurang disiplin. Ben Arfa, pernah dipuji sebagai salah satu talenta terbaik dari Prancis. Dia akan dikenang karena 17 golnya saat membela salah satu tim Ligue 1 Nice di musim 2015-16, itu bukti pada masanya betapa mematikan seorang Ben Arfa.

Ben Arfa adalah pemilik umpan yang akurat dan keterampilan dribbling-nya tak perlu diragukan. Ia dapat mengacaukan pertahanan tim mana pun saat dalam performa terbaiknya. Jika Ben Arfa mulai berbenah untuk sedikit saja mendisplinkan diri, mungkin ia akan kembali dilirik klub-klub elit, tapi sayang setelah 6 bulan dengan status tanpa klub, gelandang 32 tahun itu bermain untuk Real Valladolid.


5. Ezequiel Garay : 4,8 juta euro

Kredit: valenciacf.com

Ezequiel Garay diperkirakan akan kembali ke Benfica, usai gagal membuktikan dirinya sebagai maestro bertahan di Real Madrid, mantan pemain yang pernah berjaya ketika berseragam Zenit St Petersburg dan Valencia ini bakal balik badan dari Santiago Bernabeu.

Bek tengah itu akan kembali untuk klub Portugal, di mana ia memenangkan 4 gelar dan membuat 135 penampilan hanya dalam 3 musim bersama Benfica. Tetapi kepulangannya dihargai dengan nominal yang relatif kecil. Ini hanya masalah usia, kemampuan Garay masih layak untuk diuji.

4. Jose Callejon: 7,35 juta euro

Jose Callejon menemukan bentuk terbaiknya setelah bergabung dengan Napoli. Didatangkan hanya dengan 10 juta euro dari Real Madrid pada musim 2013, Jose Callejon dengan cepat jadi idola baru di Italia. Dia mencetak 82 gol dan membuat 78 assist dalam 349 penampilan untuk klub Serie-A itu.

Berdasarkan catatan itu, sungguh membingungkan kenapa Partenopei memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak Callejon. Dan Valencia dikabarkan akan menjadi tujuan berikutnya, meskipun tim Liga Premier seperti Everton dan Aston Villa juga dikabarkan tertarik pada pesepakbola yang mampu bermain di mana saja, terutama di garis depan.

Dimana Callejon bisa menciptakan peluang dan mencetak gol dengan menandalkan kecepatannya.

3. Nathaniel Clyne:  8 juta euro

Kredit: liverpoolfc.com

Pemain potensial yang kariernya tragis di persimpangan jalan karena serangkaian masalah cedera adalah Nathaniel Clyne. Pesepakbola 29 tahun ini harus rela  meninggalkan Liverpool pada akhir musim 2019-20 tanpa membuat satu penampilan pun sepanjang musim karena cedera ligamen.

Clyne adalah seorang bek sayap yang dinilai punya daya bertahan dan serangan yang tinggi, ia bergabung dengan The Reds pada 2015, setelah 3 tahun sebelumnya sukses di Southampton.

Dengan modal catatan 185 penampilan di Liga Premier sejak 2012, saat ini Clyne menjalani masa percobaan di Crystal Palace dan kabarnya baru akan dikontrak jika kondisi fisiknya bugar.


2. Mario Goetze:  10,5 juta euro

Kredit: bvb.de

Di usianya yang baru 28 tahun, Mario Goetze rasanya masih memiliki beberapa tahun lagi untuk mengangkat kembali karirnya. Ia pernah disanjung ketika sepanjang musim 2014 tampil gemilang, apalagi pasca mencetak gol penentu kemenangan di final Piala Dunia 2014, saat Jerman mengalahkan Argentina 1-0.

Tapi usai itu, Goetze seolah selesai hanya dengan bermain untuk Bayern Munich dan Borussia Dortmund, di mana ia menghabiskan sebagian besar waktunya dengan status pemain cadangan, apalagi cedera kerap mengganggu Goetze.

Kini Goetze memiliki keberanian untuk hijrah dari Jerman, ia kabarnya telah dipinang oleh beberapa klub, seperti AS Roma , AS Monaco, Sevilla, dan Fiorentina. Lantas, dimanakah Gotze akan melabuhkan hatinya?

1. Edinson Cavani:  20 juta euro

Kredit: en.psg.fr

Nama terakhir tentu tak asing lagi di telinga kita, ialah Edinson Cavani. Tulang punggung timnas Uruguay yang pernah merumput di Gelora Bung Karno ini hingga dengan tulisan ini dibuat, kabarnya masih berstatus free agent, tentu ini agak mengherankan, mengingat Cavani adalah penyerang yang produktif.

Bahkan, ia tercatat sebagai salah satu pencetak gol terbanyak PSG dengan koleksi 200 gol.

Cavani adalah seorang finisher tiada tara, sentuhan pertamanya di muka gawang lawan tak perlu diragukan. Usianya memang sudah 33 tahun. Tapi untuk kelas klub Eropa, agaknya Cavani masih sangat layak. Kabarnya ia diminati oleh duo Madrid dari La Liga Spanyol, Atletico Madrid dan Real Madrid.

Komentar

Klasemen

POIN
1
Everton FC
13
2
Aston Villa FC
12
3
Liverpool FC
10
4
Leicester City FC
9
5
Arsenal FC
9
6
Wolverhampton Wanderers FC
9
7
Tottenham Hotspur FC
8
8
Chelsea FC
8
9
West Ham United FC
7
10
Leeds United FC
7
11
Manchester City FC
7
12
Southampton FC
7
13
Newcastle United FC
7
14
Crystal Palace FC
7
15
Manchester United FC
6
16
Brighton & Hove Albion FC
4
17
West Bromwich Albion FC
2
18
Burnley FC
1
19
Sheffield United FC
1
20
Fulham FC
1
POIN
1
Real Sociedad de Fútbol
11
2
Villarreal CF
11
3
Real Madrid CF
10
4
Getafe CF
10
5
Cádiz CF
10
6
Granada CF
10
7
Real Betis Balompié
9
8
Club Atlético de Madrid
8
9
FC Barcelona
7
10
Sevilla FC
7
11
CA Osasuna
7
12
Elche CF
7
13
Valencia CF
7
14
Athletic Club
6
15
SD Huesca
5
16
SD Eibar
5
17
RC Celta de Vigo
5
18
Deportivo Alavés
4
19
Real Valladolid CF
3
20
Levante UD
3
POIN
1
AC Milan
12
2
US Sassuolo Calcio
10
3
Atalanta BC
9
4
Juventus FC
8
5
SSC Napoli
8
6
Hellas Verona FC
7
7
FC Internazionale Milano
7
8
AS Roma
7
9
Benevento Calcio
6
10
UC Sampdoria
6
11
SS Lazio
4
12
ACF Fiorentina
4
13
Spezia Calcio
4
14
Genoa CFC
4
15
Cagliari Calcio
4
16
Bologna FC 1909
3
17
Udinese Calcio
3
18
Parma Calcio 1913
3
19
FC Crotone
1
20
Torino FC
0
POIN
1
Sport Lisboa e Benfica
12
2
FC Porto
7
3
Sporting Clube de Portugal
7
4
CD Santa Clara
7
5
Vitória SC
7
6
Sporting Clube de Braga
6
7
CS Marítimo
6
8
FC Famalicão
5
9
Os Belenenses Futebol
5
10
CD Nacional
5
11
Moreirense FC
5
12
Gil Vicente FC
5
13
FC Paços de Ferreira
4
14
Portimonense SC
4
15
Rio Ave FC
3
16
CD Tondela
2
17
Boavista FC
2
18
SC Farense
1
POIN
1
RB Leipzig
10
2
FC Bayern München
9
3
BV Borussia 09 Dortmund
9
4
Eintracht Frankfurt
8
5
VfB Stuttgart
7
6
FC Augsburg
7
7
SV Werder Bremen
7
8
TSG 1899 Hoffenheim
6
9
Bayer 04 Leverkusen
6
10
1. FC Union Berlin
5
11
Borussia Mönchengladbach
5
12
SC Freiburg
5
13
VfL Wolfsburg
4
14
DSC Arminia Bielefeld
4
15
Hertha BSC
3
16
1. FC Köln
1
17
FC Schalke 04
1
18
1. FSV Mainz 05
0
POIN
1
PSV
13
2
AFC Ajax
12
3
SBV Vitesse
12
4
Feyenoord Rotterdam
11
5
FC Twente '65
11
6
SC Heerenveen
10
7
FC Groningen
7
8
FC Utrecht
6
9
VVV Venlo
5
10
AZ
4
11
PEC Zwolle
4
12
Willem II Tilburg
4
13
Heracles Almelo
4
14
FC Emmen
3
15
RKC Waalwijk
3
16
ADO Den Haag
3
17
Fortuna Sittard
2
18
Sparta Rotterdam
2
POIN
1
Lille OSC
17
2
Paris Saint-Germain FC
15
3
Stade Rennais FC 1901
15
4
OGC Nice
13
5
Racing Club de Lens
13
6
Olympique de Marseille
12
7
Montpellier HSC
11
8
AS Monaco FC
11
9
Olympique Lyonnais
10
10
AS Saint-Étienne
10
11
Angers SCO
10
12
FC Girondins de Bordeaux
9
13
Stade Brestois 29
9
14
FC Metz
8
15
FC Nantes
8
16
Nîmes Olympique
8
17
FC Lorient
7
18
RC Strasbourg Alsace
3
19
Stade de Reims
2
20
Dijon Football Côte d'Or
2