Tanpa Pemain Indonesia di Voting Best XI Piala Asia

"Siapa saja mereka? Ini daftarnya."

Feature | 15 July 2023, 06:14
Tanpa Pemain Indonesia di Voting Best XI Piala Asia

Libero.id - Jelang digelarnya Piala Asia 2023, Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) sedang menjaring 11 pemain terbaik untuk mengisi starting line-up The Dream Team Asia. AFC merilis puluhan nama untuk masing-masing posisi. Sayang, tidak ada pemain asal Indonesia di daftar tersebut.

Piala Asia 2023 akan digelar Januari-Februari tahun depan. Itu akan menjadi turnamen pertama yang diikuti timnas Indonesiasejak menjadi penyelenggara Piala Asia 2007 bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Untuk menyambut pesta sepakbola terbesar di Asia, AFC memutuskan mengajak penggemar sepakbola untuk memberikan suara dalam jajak pendapat menentukan "Best XI Asian Cup". Hadiah telah disiapkan untuk sejumlah voter terpilih, yaitu tiket perjalanan gratis ke turnamen di Qatar.

Dalam voting tersebut AFC menampilkan sejumlah nama untuk berbagai posisi permainan. Mulai dari kiper, bek, gelandang, hingga penyerang.

Untuk penjaga gawang, terdapat 8 kandidat. Mereka adalah Lee Woon-jae (Korea Selatan), Mark Schwarzer (Australia), Mathew Ryan (Australia), Mohamed Al Deayea (Arab Saudi), Nasser Hejazi (Iran), Noor Sabri (Irak), Saad Al Sheeb (Qatar), dan Yoshikatsu Kawaguchi (Jepang).

Di posisi bek, ada 10 nama. Mereka antara lain Bassam Al Rawi (Bahrain), Fan Zhiyi (China), Hong Myung-bo (Korea Selatan), Mehdi Mahdavikia (Iran), Que Ngoc Hai (Vietnam), Saleh Al Nuaimah (Arab Saudi), Soh Chin Aun (Malaysia), Yuji Nakazawa (Jepang), Yuto Nagatomo (Jepang), dan Zheng Zhi (China).

Sementara gelandang, tedapat 6 nama. Mereka adalah Ali Karimi (Iran), Keisuke Honda (Jepang), Kim Joo-sung (Korea Selatan), Koo Ja-cheol (Korea Selatan), Park Ji-sung (Korea Selatan), dan Shao Jiayi (China).

Terakhir, di posisi penyerang, AFC menampilkan 6 nama pemain legendaris Asia. Ada yang masih aktif. Ada juga pensiunan. Sebut saja Ali Daei (Iran), Almoez Ali (Bahrain), Naohiro Takahara (Jepang), Lee Dong-gook (Korea Selatan), Tim Cahill (Australia), dan Son Heung-min (Korea Selatan).

Artinya, dari 53 nama yang dirilis, tidak ada pemain Indonesia. Tidak ada Widodo Cahyono Putro yang mencetak gol salto di Piala Asia 1996 atau Bambang Pamungkas yang bikin gol keren di Piala Asia 2007. Justru, pemain Vietnam dan Malaysia ada di daftar ini.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network