Profil Park Hang-seo, Eks Pelatih Vietnam Disebut Cocok Tangani Persib Bandung

"Asyik nih kalau benar-benar melatih Persib.."

Biografi | 16 July 2023, 17:36
Profil Park Hang-seo, Eks Pelatih Vietnam Disebut Cocok Tangani Persib Bandung

Libero.id - Liga 1 2023/2024 baru berjalan 3 pekan. Tiba-tiba datang kabar mengejutkan pelatih dengan reputasi internasional berhenti menangani Persib Bandung. Dia adalah Luis Milla. Dan, rumor kemudian mengaitkan Maung Bandung dengan Park Hang-seo. Masih ingat beliau?

Luis Milla akan pulang ke negara asalnya, Spanyol. Langkah itu diikuti dua asistennya, Manuel Perez-Cascallana dan Carlos Grande Rodriguez.

Dari 3 pertandingan yang sudah dilakoni, Persib Bandung belum meraih kemenangan. Mereka hanya mendapatkan 3 poin dari Madura United, Arema FC, dan Dewa United. Tapi, manajemen Persib Bandung memberi keterangan hasil minor itu yang membuat Luis Milla mundur. Ini karena ada persoalan keluarga di Negeri Matador.

Kini, Persib Bandung mencari pelatih pengganti. Rumor yang berkembang di media mengaitkan dengan sejumlah nama. Mulai dari Roberto Carlos Mario Gomez hingga Park Hang-seo. Mario adalah mantan pelatih Maung Bandung. Sementara PHS bekas pelatih timnas Vietnam.

Lalu, mungkinkah Park Hang-seo yang dipilih? Di sepakbola, tidak ada hal mustahil. Peluang tetap terbuka, khususnya jika Park Hang-seo bersedia.

Bagi Asia Tenggara, Park Hang-seo adalah sosok yang cukup populer. Sementrara bagi suporter Indonesia, pelatih Korea Selatan itu sangat dimusuhi. Itu terkait taktik kotor dan provokasi yang dilakukan saat memimpin Vietnam menghadapi timnas Indonesia di berbagai ajang.

Park Hang-seo lahir di Sancheong, 1 Oktober 1957. Dia mantan gelandang yang kariernya biasa-biasa saja.

Karier sepakbola Park Hang-seo dimulai dari Hanyang University. Kemudian, pindah ke Korea First Bank, ROK Army FC, dan Lucky-Goldstar Hwangso. Dia juga sempat memperkuat timnas Korea Selatan U-20, timnas Korea Selatan B, dan sekali bermain di timnas Korea Selatan senior.

Setelah pensiun, Park Hang-seo beralih profesi menjadi pelatih. Dia menukangi Anyang LG Cheetahs dan jadi asisten pelatih timnas Korea Selatan, serta melatih timnas Korea Selatan U-23. Kemudian, Gyeongnam FC, Jeonnam Dragons, Sangju Sangmu, Changwon City, dan timnas Vietnam.

Yang menarik adalah Park Hang-seo mendapatkan banyak ilmu sepakbola dari Guus Hiddink. Sebab, dia adalah asisten pelatih legendaris Belanda itu saat Piala Dunia 2002 digelar.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network